get app
inews
Aa Read Next : Cara Israel Siksa Tahanan Palestina, Benarkah Lebih Buruk dari Abu Ghraib dan Guantanamo?

Iran Belum juga serang Israel Hingga 20 Hari Sejak Kematian Haniyeh Ada Apa?

Selasa, 20 Agustus 2024 | 06:16 WIB
header img
Sudah 20 hari sejak kematian Ismail Haniyeh, Iran belum juga menyerang Israel. Foto/AP

2. Memicu Tanda Tanya Namun, dampak dari antisipasi tersebut merupakan pedang bermata dua yang juga merugikan Iran dan sekutunya. Pasalnya, banyak pihak menuding bahwa Iran tidak serius mewujudkan ancaman tersebut. "Dampak negatif terhadap Israel, baik itu tekanan di dalam negeri, mobilisasi militer, dan bahkan konsekuensi ekonomi, tidak akan terbatas pada Israel, tetapi juga memengaruhi Iran dan Lebanon," demikian peringatan Michael Horowitz, kepala intelijen di konsultan Le Beck International yang berpusat di Bahrain.

3. Mengobarkan Perang Psikologis Para analis mengatakan gagasan bahwa Iran menunda pembalasannya karena menikmati dampak psikologis yang ditimbulkannya lebih merupakan alasan daripada strategi yang tepat. Mereka sepakat bahwa perdebatan dalam negeri yang intens, kompleksitas koordinasi dengan proksi, dan penilaian risiko yang terkait dengan serangan semuanya berkontribusi pada keraguan Iran.

Zimmt mengatakan Iran "menghadapi dilema besar" karena sementara Khamenei dan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang kuat ingin memulihkan pencegahan Iran terhadap Israel, ada elemen-elemen di Iran yang khawatir serangan skala besar dapat menyeret Iran ke dalam perang dengan Israel dan bahkan mungkin Amerika Serikat. Bahkan jika keputusan tentang cara menanggapi pembunuhan Haniyeh telah dibuat, koordinasi dengan Hizballah dan anggota lain dari apa yang disebut poros perlawanan -- jaringan sekutu dan proksi negara dan non-negara regional Teheran yang terjalin longgar -- merupakan proses yang memakan waktu.

4. AS Sudah Menyiagakan Armada secara Penuh di Timur Tengah Faktor lain yang mungkin memengaruhi pengambilan keputusan Iran adalah Amerika Serikat meningkatkan kehadiran militernya di kawasan itu lebih dari yang dilakukannya pada bulan April menjelang serangan pesawat nirawak dan rudal Iran yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel.

"Kami melihat respons yang lebih besar [dari Amerika Serikat] daripada pada bulan April, yang mungkin dimaksudkan untuk menyamai cakupan ancaman, karena Iran dapat melakukan respons yang lebih besar daripada yang dilakukan pada bulan April," kata Horowitz.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut