get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Makam Mbok Rondo 'Siti Asmah' Putri Sunan Bungkul Surabaya yang Diyakini Pembabat Alas Desa Semampir

Rabu, 20 September 2023 | 10:07 WIB
header img
Makam Siti Asmah atau yang dikenal 'Mbok Rondo' berlokasi di RT 07, RW 04 dekat prapatan Juanda, Desa Semampir, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. (Foto : Ulum Fajar Setiawan/iNewsSidoarjo.id).

Namun, terdapat sebuah pohon asem besar yang rindang tidak bisa ditebang. Berkat kesaktian Mbok Rondo, cukup dengan selendang miliknya dilemparkan ke pohon tersebut.

Atas izin Allah SWT, pohon tersebut bisa ditebang dan bisa menjadi pemukiman sampai saat ini.

Meski demikian, kisah Mbok Rondo atau Mbah Siti Asmah melalui mulut ke mulut warga sekitar bahwa beliau sudah ada semenjak penjajahan Belanda di Nusantara tersebut.

Mbok Siti Asmah bersama suaminya tersebut berjuang mengusir para penjajah yang ingin menguasai khususnya di Desa Semampir.

Setelah masa penjajahan Belanda, Mbok Rondo berpisah dari suaminya. Konon katanya, beliau berpisah tidak jauh dari kawasannya, mekipun soal berpisahnya Mbok Rondo dengan suaminya masih belum diketahui hingga saat ini.


Makam Mbok Rondo terlihat bagus dengan dua batu nisannya dibalut kain mori dan dicat emas. (Ulum Fajar Setiawan/iNewsSidoarjo.id).
 
Namun warga sekitar belum mengetahui kapan terjadinya lahir dan wafatnya beliau, karena penduduk asli Semampir tersebut, kebanyakan sudah meninggal dunia.

Mitos beredar di masyarakat bahwa mbok Rondo bisa menjelma menjadi harimau dan sekitar makamnya tersebut memiliki aura yang mistis.

Ada yang mengatakan bahwa makam mbok Rondo atau Siti Asmah dijaga oleh sosok astral berupa sosok macan yang ukuran raksasa dan Genderuwo yang ada makam sekitar beliau tersebut.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut