get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Makam Mbok Rondo 'Siti Asmah' Putri Sunan Bungkul Surabaya yang Diyakini Pembabat Alas Desa Semampir

Rabu, 20 September 2023 | 10:07 WIB
header img
Makam Siti Asmah atau yang dikenal 'Mbok Rondo' berlokasi di RT 07, RW 04 dekat prapatan Juanda, Desa Semampir, Kecamatan Sedati, Sidoarjo. (Foto : Ulum Fajar Setiawan/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Makam Siti Asmah atau yang dikenal 'Mbok Rondo' dipilih menjadi tempat menggelar sedekah bumi atau selamatan oleh Pemerintah Desa Semampir, Kecamatan Sedati, Sidoarjo.

Pemilihan lokasi tersebut bukan tanpa sebab. Ya, makam yang berlokasi di RT 07, RW 04 dekat prapatan Juanda, Desa Semampir itu punya nilai sejarah bagi warga desa setempat.

Kepala Desa Semampir Luqman Mualim menyampaikan, sedekah bumi dilaksakan sebagai wujud syukur atas berdirinya Desa Semampir dan pesarean Mbok Rondo sebagai cikal bakal warga yang sangat dihormati.

"Dan sedekah bumi dilakukan pada Minggu (17/9/2023) kemarin. Itu rutin kami lakukan setiap tahun bertujuan untuk mendoakan arwah para nenek moyang desa Semampir dan melestarikan budaya adat istiadat yang ditinggalkan," ujarnya.

Mbok Rondo atau Siti Asmah tersebut, ungkap Luqman, merupakan seorang yang telah membabat alas wilayah Semampir.

"Perlu diapresiasi ke beliau karena semasa hidupnya berjuang mempertahankan tanah Semampir ini dari serangan para penjajah sehingga desa ini berdiri hingga saat ini," terangnya.

Pemugaran Makam Mbok Rondo

Makam Mbok Rondo dipugar oleh Pemdes Semampir sekitar Agustus 2021 silam. Sosok Luqman Mualim, Kades Semampir yang menginisiasi pemugaran makam seluas 6x10 meter.

Kondisi makam yang dulunya memikili bangunan ala kadarnya itu kini sudah bagus dengan bangunan ala Majapahit dan sangat nyaman bagi peziarah jika ingin datang sewaktu-waktu.

Pemugaran itu sudah melalui Musyawarah Desa (Musdes). Saat itu, masyarakat sangat setuju dan mendukung makam leluhur itu dipugar. Buktinya, masyarakat ikhlas mengeluarkan uang dari swadaya untuk memugar makam tersebut.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut