get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Liburan Akhir Pekan! Berikut Rekomendasi 22 Oleh-oleh Khas Tegal Wajib Dibawa Pulang

Sabtu, 24 Juni 2023 | 06:57 WIB
header img
Tahu Aci, salah satu makanan khas Tegal yang paling banyak dicari wisatawan untuk dibawa pulang. (foto IG @tahu_aci_tegal_asli)

7. Martabak Lebaksiu Di kawasan Tegal terdapat satu desa yang dikenal dengan Kampung Martabak, yaitu Lebaksiu dengan martabak khasnya bernama Martabak Lebaksiu. Martabak Lebaksiu hampir sama seperti martabak kebanyakan, hanya saja rasa dan ukuran sedikit perbedaan.

8. Pilus Kletuk Pilus ini berbeda dengan pilus biasa yang di dalam kulitnya berisi kacang, Pilus Kletuk hanya berupa adonan tepung tanpa tambahan kacang dengan ukuran lebih kecil.

Oleh-oleh khas Tegal Jawa Tengah ini berbahan tepung terigu, kanji, daun kucai dan bumbu tambahan lainnya. Rasanya tentu saja gurih dengan tekstur cukup keras. Selain itu, jika sudah digoreng Pilus Kletuk akan berwarna putih kecoklatan. Pilus ini biasa sering dijadikan sebagai lauk pelengkap ketika makan bakso maupun mie pangsit.

9. Telur Asin Telur asin khas Tegal memiliki cita rasa gurih, asin dan lezat yang membuat siapapun tergoda menyantapnya. Selain itu, oleh-oleh khas Tegal ini memiliki berbagai varian, yakni telur asin rebus, telur asin bumbu pindang, telur asin bakar dan telur asin panggang oven. Tentunya rasa yang khas dan bakal bikin kamu tidak mudah bosan ketika menyantapnya.

10. Olos Salah satu jajanan khas Tegal berupa gorengan yaitu Olos. Olos berbentuk bulat dan terbuat dari campuran tepung kanji serta terigu. Biasanya isian kudapan ini adalah irisan sayuran, sosis, keju, ayam, tempe, tahu dan cabai rawit.

Cita rasa pedas saat gigitan pertama, dijamin bikin kamu ingin terus mencobanya. Selain itu, Olos juga memiliki tekstur kenyal, gurih berpadu dengan rasa pedas yang makin bikin nampol.

11. Latopia/Pia Sekilas kue Latopia khas Tegal ini mirip dengan bakpia Jogja. Bedanya tekstur kulit luar Latopia Tegal lebih tebal dan ukuran lebih besar. Soal rasa sudah pasti manis, enak dan perpaduan crunchy serta gurih kulit pia yang bikin kenikmatan dalam tiap gigitan. Latopia memiliki berbagai varian rasa mulai dari cokelat, kacang hijau, sari buah, nanas, susu, bawang, gula aren, durian dan keju.

12. Manisan Cerme Jika Kota Bogor dikenal dengan asinan buahnya, Tegal juga punya manisan yang tak kalah nikmat, Manisan Cerme namanya. Perpaduan rasa manis dan asam, cocok untuk dijadikan sajian khas ketika bertandang ke Tegal. Manisan Buah Cerme atau Cermai dapat kamu temukan di daerah wisata Guci Tegal.

13. Rempeyek Camilan yang populer di kalangan warga Tegal saat menjelang lebaran atau hajatan adalah Rempeyek. Lauk pendamping juga sering dijadikan oleh-oleh khas Tegal oleh wisatawan karena tahan lama.

Rempeyek khas Tegal berbahan dasar, tepung beras dan kacang tanah. Tentunya Rempeyek ini juga punya rasa gurih dan tekstur renyah yang cocok dijadikan camilan maupun lauk pendamping.

14. GuCheez Ada satu lagi buah tangan khas Tegal selain manisan cerme yang menjadi objek wisata Guci Tegal, yaitu GuCheez, sejenis roti kekinian dengan Isian roti nanas madu, keju hingga susu.

Cita rasanya sudah pasti manis dan lembut. Selain cita rasa nikmat, kue kekinian khas Tegal ini juga mampu bertahan selama 7 – 10 hari. 15. Kue Tempel Kue Tempel termasuk jajanan tradisional Tegal yang kini sudah cukup langka.

Berbahan dasar tepung beras ketan, pisang dan gula jawa, membuat kue ini punya cita rasa khas banget. Sedangkan cara pembuatan Kue Tempel cukup sederhana, yaitu, adonan tepung dipanaskan dengan mengolesinya pada wajan tanpa minyak lalu ditaburi gula jawa halus.

Selanjutnya ketika setengah matang, baru ditambahkan pisang raja ke atasnya dengan dilumat dan diratakan.

16. Poci Tegal Poci Tegal terkenal unik dan diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Biasanya ketika membuat secangkir teh, masyarakat Tegal sering memakai poci ini. Konon, teh yang dihasilkan dari poci terasa lebih nikmat apalagi ditambah gula batu di dalamnya. Itulah sebabnya ketika kamu tertarik membawa poci Tegal sebagai souvenir keluarga di rumah, jangan lupa letakkan hati-hati, karena Poci ini terbuat dari tanah liat jadi mudah pecah.

17. Dodol Tegal Tidak hanya Jawa Barat yang terkenal akan panganan dodol, Tegel juga punya olahan dodol tak kalah nikmat. Dodol khas Tegal umumnya terbuat dari santan kelapa, gula merah, tepung ketan dan garam. Untuk proses pembuatan Dodol Tegal sendiri membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 8 jam.

Jadi, sudah bisa dipastikan tentunya rasa manis dengan tekstur kenyal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya 18. Gemblong Kudapan yang dapat kamu jadikan buat tangan khas Tegal adalah Gemblong.

Ada 4 macam Gemblong yang diolah di Tegal, antara lain gemblong tekek, gemblong alus, gemblong kocar-kacir dan gemblong ketan. Hidangan ini biasanya disantap bersama parutan kelapa.

Memiliki tekstur halus sampai dengan kasar tergantung jenisnya membuat kamu wajib menjajal keunikan makanan khas dari Tegal ini.

19. Glotak Makanan dengan bahan baku gambus ini disebut Glotak oleh masyarakat Tegal karena pada saat proses memasaknya menimbulkan sebuah suara “Glotak-glotak” dari tulang ayam yang bergesekan dengan panci.

Proses pembuatannya juga sederhana, yakni tulang ayam atau sapi direbus sampai menghasilkan kaldu. Selanjutnya, kaldu tersebut dimasak bersama Gembus. Glotak bercita rasa gurih, pedas dan sedikit manis.

Tentunya hidangan ini akan semakin nikmat saat disantap bersama kerupuk antor.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut