get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Liburan Akhir Pekan! Berikut Rekomendasi 22 Oleh-oleh Khas Tegal Wajib Dibawa Pulang

Sabtu, 24 Juni 2023 | 06:57 WIB
header img
Tahu Aci, salah satu makanan khas Tegal yang paling banyak dicari wisatawan untuk dibawa pulang. (foto IG @tahu_aci_tegal_asli)

TEGAL, iNewsSidoarjo - 22 macam oleh-oleh khas Tegal ini paling banyak dicari para wisatawan dari luar daerah. Tegal tak hanya memiliki ragam wisata menarik, tapi juga ragam kuliner yang bisa dinikmati serta berbagai jenis oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang.

Saat Anda sedang berkunjung ke Kota Bahari ini harus menyiapkan budget khusus untuk menikmati kuliner sekaligus membawa pulang malanan khas Tegal sebagai oleh-oleh. Berikut ini 22 oleh-oleh khas Tegal yang dikutip dari iNews.id serta dihimpun dari berbagai sumber.

1. Tahu Aci Makanan khas Tegal ini selalu menjadi incaran orang-orang saat hendak pulang kampung. Sesuai julukannya, Tahu Aci berbahan utama tepung kanji, tahu kuning, potongan daun kucai dan bumbu khas lain.

Tahu tersebut dibelah dua diagonal lalu ditempeli adonan kanji yang sebelumnya sudah dicampur daun kucai dan bumbu. Selanjutnya adonan Tahu Aci digoreng dengan minyak panas sampai kecoklatan. Rasa kuliner Tegal ini tentunya asin serta gurih dan makin terasa nikmat saat disantap bersama cabai rawit maupun sambal.

2. Tahu Pletok Tahu Pletok memang cocok dijadikan kuliner Tegal, apalagi menjadi oleh-oleh khas. Hidangan ini terbuat dari tahu kuning berbentuk segitiga, tepung kanji, daun kucai dan bumbu khusus.

Tahu kuning akan dibelah dua melintang, diberi adonan aci, daun kucai dan bumbu kemudian digoreng. Cita rasanya dominan asin gurih jadi cocok untuk lidah orang pantura. Selain itu, teksturnya yang renyah juga dengan pelengkap bumbu khas makin membuatnya menggugah selera.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut