get app
inews
Aa Read Next : Jelang Imlek 2575, Ekspor Belut Hidup ke Negera Tiongkok Naik Drastis

Bebaskan Nusantara dari Perampok Hokkian, ini Kisah Laksamana Cheng Ho Penjelajah Muslim China

Selasa, 18 Juni 2024 | 11:34 WIB
header img
Laksamana Cheng Ho terkenal dengan penjelajah asal China tiba di Nusantara, yang memeluk agama Islam. Foto/Ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Laksamana Cheng Ho terkenal dengan penjelajah asal China tiba di Nusantara, yang memeluk agama islam. Konon Cheng Ho awalnya memulai ekspedisi ke negara-negara lain di awal abad 15 di masa pemerintahan Kaisar Yung-lo dari Rajakula Ming.

Dikutip dari sindonews.com pada Senin (17/6/2024) melalui "Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara" dari sejarawan Prof. Slamet Muljana, menunjukkan sebelum ekspedisi kaisar Yung-lo yang dipimpin oleh Cheng Ho sudah di Palembang dan Sambas, sudah ada orang-orang keturunan Tionghoa yang menetap.

Saat itu Cheng Ho lantas menemukan berbagai pedagang Cina di berbagai pelabuhan yang disinggahinya di Asia Tenggara. Selain berdagang, konon Cheng Ho juga berhasil membebaskan beberapa wilayah-wilayah di Palembang dan nusantara, dari perampok - perampok Hokkian.

Di sanalah kemudian di situ laksamana Cheng Ho membentuk masyarakat Tionghoa Islam yang pertama di Nusantara. Cheng Ho juga lantas membentuk masyarakat komunitas masyarakat Tionghoa di Sambas.

Pada tahun 1405, di bawah pimpinan Laksamana Cheng Ho, singgah di bandar Samudera Pasai. Laksamana Cheng Ho bertemu dengan sultan Samudera Pasai, Zainal Abidin Bahian Syah.

Kedatangan Cheng Ho di Samudera Pasai untuk mengadakan hubungan politik dan hubungan dagang. Nama Zainal Abidin Bahian Syah juga disebut dalam kronik Tionghoa dari zaman pemerintahan rajakula Ming, dengan bunyi Tsai Nu Lia Pie Ting Kie.

Yang menarik perhatian adalah setelah ada hubungan baik antara Tiongkok dan Samudera Pasai makin banyaklah saudagar-saudagar Tionghoa datang ke Pasai. Di saat itulah semakin banyak pula orang-orang Tionghoa yang memeluk agama Islam, kawin dengan wanita Samudera dan menetap pula di sana, sehingga bertambahlah percampuran darah dari keturunan Tionghoa di sana.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut