get app
inews
Aa Read Next : Mampu Ubah Beras Jadi Pasir, Ini Karamah yang Dimiliki Sunan Kalijaga

Raja Mulawarman, Sosok Crazy Rich Pertama di Nusantara Bergelar Kenduri Emas

Minggu, 07 Januari 2024 | 12:15 WIB
header img
Raja Mulawarman dari Kerajaan Kutai konon menjadi sosok crazy rich atau orang terkaya di Nusantara akhirnya terungkap. Foto/Ilustrasi/Ist

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Raja Mulawarman dari Kerajaan Kutai konon menjadi sosok crazy rich atau orang terkaya di Nusantara akhirnya terungkap. Hal ini karena kebiasaan sang raja kerajaan tertua di nusantara ini mengadakan selamatan atau kenduri emas.

Konon di kenduri ini para tamu-tamu yang hadir dihadiahi oleh raja dengan emas yang berharga cukup mahal. Karena tajir melintirnya dan baik hatinya sang raja bahkan konon para brahmana membuatkan tugu batu.

Diketahui jika sosok Mulawarman sendiri pada prasasti ini disebut merupakan cucu dari Kundungga, yang kental dengan budaya India-nya. Kundungga sendiri konon memiliki anak bernama Asmawarman.

Kemudian Asmawarman memiliki tiga orang anak, salah satunya yakni Mulawarman, yang akhirnya naik tahta menjadi Raja Kutai. Menurut cerita yang dikutip dari sondonews.com pada Minggu (7/1/2024) tugu batu yang akhirnya dinyatakan sebagai prasasti peninggalan Kerajaan Kutai berupa yupa.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut