get app
inews
Aa Read Next : Gangster Resahkan Warga Wonoayu, Satu Pelaku Berhasil Ditangkap

Oknum Kepala Desa Ditangkap Atas Dugaan Penyalahgunaan Dana Desa

Selasa, 23 April 2024 | 10:04 WIB
header img
Polres mojokerto saat pres rilis kasus dugaan korupsi yang melibatkan oknum kepala desa. ( Foto: isw)

MOJOKERTO, iNewsSidoarjo.id - Unit Tipikor Satreskrim Polres Mojokerto berhasil menangkap seorang Kepala Desa di Kecamatan Kutorejo berinisial IA pada (16/4). Penangkapan dilakukan saat yang bersangkutan menghadiri acara halal bil halal di Kantor Kecamatan Kutorejo.

Melangsir dari iNewsNganjuk.id, I ditangkap atas dugaan penyalahgunaan wewenang dan korupsi pengelolaan dana desa. Kapolres Mojokerto, AKBP Ihram Kustarto, menjelaskan bahwa penangkapan dilakukan setelah menerima laporan dari perangkat desa setempat tentang dugaan tindak pidana korupsi.

Berdasarkan hasil penyidikan, Ikhwan telah merugikan negara sebesar Rp360.215.080,-. Modus operandinya adalah dengan menerbitkan Surat Perintah Pembayaran (SPP) untuk mencairkan dana dari rekening kas desa.

Dana tersebut kemudian tidak dipergunakan sesuai dengan ketentuan dan dikelola langsung oleh Ikhwan. AKBP Ihram menegaskan bahwa Kepala Desa tidak memiliki kewenangan untuk menyimpan, membawa, dan menggunakan uang yang telah dicairkan dari rekening kas desa.

Sebelum penangkapan, Polres Mojokerto telah memanggil Ikhwan dua kali, namun Ikhwan tidak kooperatif. Penangkapan Ikhwan dilakukan setelah polisi mendapatkan informasi bahwa dia akan menghadiri acara halal bihalal. Saat ini, penyidikan kasus korupsi dana desa ini masih berlangsung.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut