get app
inews
Aa Read Next : KPK Dalami Dugaan Penyelewengan Anggaran Pengadaan APD, Periksa Eks Sekjen Kemenkes?

Eks Kades Gempolsari Sya'roni Aliem Bakal Diadili Kedua Kalinya, Terbaru Soal TKD Gedangan

Kamis, 12 Oktober 2023 | 15:10 WIB
header img
Sya'roni Aliem, Eks Kades Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo didampingi penasehat hukumnya ketika menjalani proses tahap 2 tim penuntut umum (PU) Kejari Sidoarjo. (Foto : Ist).

SIDOARJO, iNews.id - Sya'roni Aliem, eks Kades Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo bakal diadili yang kedua kalinya dalam kasus dugaan korupsi.

Pada kasus pertama, Kades Gempolsari periode 2017-2022 itu terjerat kasus dugaan korupsi ganti rugi korban lumpur Lapindo di luar peta area terdampak (PAT) 2013 lalu.

Syaroni yang saat ini tengah proses diadili di Pengadilan Tipikor Surabaya itu diduga membawa uang total Rp 297,1 juta uang ganti rugi yang merupakan hasil korupsi yang dikuasainya sejak tahun 2019.

Uang tersebut dibawa tersangka sempat dipergunakan untuk kepentingan pribadinya dan sudah dikembalikan di tingkat Penyidikan 19 Juli 2022 lalu.

Sementara kasus terbaru yang menjeratnya yaitu terkait penjualan aset tukar Tanah Kas Desa (TKD) Gedangan yang berada di wilayah Desa Gempolsari.

Kini, status Sya'roni sudah tersangka. Perkara tersebut sudah dinyatakan lengkap ( P-21) dan ditahap duakan dari penyidik kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Sidoarjo.

"Tahap dua dilakukan pada Kamis (5/10/2023) lalu, dan kami konsen untuk melakukan pemberantasan Mafia Tanah sebagai Wujud Pelaksanaan Tugas Direktif sebagaimana Petunjuk Bapak Jaksa Agung RI.” ucap Kajari Sidoarjo Roy Revalino Herudiansyah ketika dikonfirmasi melalui Kasi Intelijen Andrie Dwi Subianto, Kamis (12/10/2023).


Kasi Pidsus Kejari Sidoarjo John Franky Yanafia Ariandi (kanan) bersama Kasubsinya, I Putu Kisnu Gupta ketika proses penyitaan lahan TKD Gedangan di Desa Gempolsari. (Foto : iNewsSidoarjo.id).
 
Tak hanya Sya'roni, perkara tersebut juga menetapkan tersangka lainnya yaitu Surahman, selalu pihak swasta yang berkasnya juga sudah dinyatakan lengkap (P21) dan seharusnya tahap II dilaksanakan bersama dengan tersangka Sya'rony Aliem.

"Namun tersangka Surahman tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Kami anggap mangkir tidak memenuhi panggilan. Seharusnya tahap dua Surahman itu dilakukan bersamaan dengan Sya'roni," tambah Kasi Pidsus Kejari Sidoarjo John Franky Yanafia Ariandi.

Franky mengungkapkan, pihaknya akan memanggil ulang Surahman dalam pekan ini. "Kami panggil ulang untuk segera kami laksanakan Tahap II agar segera diadili," jelasnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut