get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Komitmen Kades Gampang Sidoarjo Prioritaskan Aspirasi Warganya untuk 2024

Minggu, 08 Oktober 2023 | 21:28 WIB
header img
Musrenbangdes dan RKPDes Gampang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo bersama warganya. (Foto : Ulum Fajar Setiawan/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Kepala Desa Gampang, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, Khoirul Imron mengaku akan memaksimalkan bersama jajarannya untuk bergerak menyetujui aspirasi warga yang akan diprioritaskan pada tahun 2024 mendatang.

Hal itu dilakukan setelah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2023 dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) anggaran 2024.

"Musrenbangdes ini suatu wadah untuk menampung aspirasi dari usulan atau aspirasi warga. Kemudian disepakati bersama akan dilakukan akomodasi oleh kami sebagai Pemdes Gampang," terangnya, Minggu (08/10/2023).

Setelah disepakati dan disetujui program prioritas pada musrenbangdes tersebut secara resmi penandatangan berita acara bersama Kepala Desa, BPD, LPMD, Pendamping Desa, dan RW/RT dan tamu undangan lainnya, dan juga akan segera dibuatkan skala prioritas regulasi oleh Pemerintah Desa pada anggaran di tahun 2024.

"Kemaren yang dibahas aspirasinya soal stunting dan pembangunan fisik keseluruhan. Jadi kita upayakan untuk terus direalisasikan. Selain itu soal anggaran masuk di Dana Desa (DD) dan nanti soal anggaran dicantumkan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) di bulan November besok dan bisa dilihat total keseluruhan berapa nantinya," terangnya.

Namun demikian, program prioritas tersebut disesuaikan pada kemampuan pagu anggaran yang tersedia. selain itu, pelaksanaan yang belum berjalan akan tetap menjadi pekerjaan rumah (PR) antara Pemerintah Desa Gampang dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

"Saat usulan dari BPD yang bersumber dari aspirasinya dan juga warga. Alhamdulillah 90 persen telah diakomodir. Soal usulan lain akan dibahas lebih lanjut kedepannya dengan BPD," ujar Khoirul.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut