get app
inews
Aa Read Next : Imigrasi Surabaya Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Keimigrasian

Jadi Joki IELTS, WNA Asal China Ditangkap Petugas Imigrasi

Rabu, 05 Juli 2023 | 21:57 WIB
header img
Jumpa pers, terkait wna asal china yang di tangkap Imigrasi kelas I TPI Surabaya karena jadi joki IELTS. Rabu (5/7/2023).

Masih menurut Chicco, untuk sekali beraksi dalam melakukan penjokian, YW dijanjikan uang oleh seseorang sebesar 15 ribu yuan.

"YW diiming-imingi hadiah uang sejumlah 15 ribu yuan atau setara dengan Rp 30 juta jika mencapai nilai maksimal 6.0. Identitas belum diketahui, masih kita lakukan penyelidikan," ucap Chicco.

Masih dikatakan Chicco, pelaku ini memiliki intelektual tinggi di bidang bahasa inggris. Dengan kemampuan tersebut tersangka mencoba membuka jasa menjadi joki bahasa Inggris. Meski Pelaku mempunyai pekerjaan tetap di Tiongkok.

"Pelaku sebenarnya memiliki pekerjaan tetap, karena memiliki keahlian berbahasa inggris, dia manfaatkan untuk menjadi joki,"jelas Chicco di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Surabaya.

Diduga pelaku ini merupakan anggota sindikat internasiona, lanjut Chicco, pasalnya, aksi pelaku tidak saja di indonesia saja namun juga di thailand. Dengan memalsukan dokumen negara dan Ijin tinggal di suatu negara.

"Kami menduga pelaku anggota sindikat Internasional. Ada yang mengatur mulai dari perekrutan, perjalanan, hingga dokumen palsu," kata dia.

Terhadap hal ini, Imigrasi Surabaya berupaya untuk melakukan tindakan pro justicia. YW disangkakan melanggar Pasal 122 Juncto Pasal 119 UU No. 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Pelaku juga terancam dideportasi ke negara asalnya.

“Ancaman pidana penjara lima tahun dan denda paling banyak 500 juta rupiah,” pungkas Chicco.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut