Logo Network
Network

Berikut Daftar 4 Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J, Salah Satunya Irjen Ferdy Sambo

Faieq Hidayat
.
Selasa, 09 Agustus 2022 | 20:46 WIB
Berikut Daftar 4 Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J, Salah Satunya Irjen Ferdy Sambo
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan pers terkait perkembangan penyidikan dan tersangka baru kasus penembakan Brigadir J di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022). (Foto:tangkapan layar iNews TV)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka baru dalam kasus Brigadir Nofriansyah Yohanes Hutabarat atau Brigadir J, Selasa (9/8/2022).

Sambo dikenakan pasal pembunuhan berencana atas perannya membuat skenario pembunuhan terhadap Brigadir J Dengan penetapan Ferdy Sambo sebagai tersangka, kini polisi telah menetapkan empat tersangka kasus penembakan Brigadir J yang menewaskan ajudan Sambo itu.

Kapolri mengatakan, Tim Khusus menemukan bahwa peristiwa yang terjadi di rumah Ferdy Sambo adalah peristiwa penembakan terhadap Brigadir J, bukan baku tembak. Brigadir J ditembak oleh Bharada E atas perintah Ferdy Sambo.

"Peristiwa yang terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap saudara J yang menyebabkan saudara J meninggal dunia yang dilakukan oleh saudara RE atas perintah saudara FS," kata Kapolri dalam konferensi pers.

Ferdy Sambo melakukan penembakan dengan senjata milik Brigadir J ke dinding berkali-kali untuk membuat kesan seolah telah terjadi tembak-menembak.

Namun, terkait apakah Ferdy Sambo menyuruh ataupun terlibat langsung dalam penembakan, saat ini tim masih terus melakukan pendalaman terhadap saksi-saksi dan pihak-pihak yang terkait.

Kapolri juga menegaskan sebelumnya telah menetapkan tiga orang tersangka, yakni RE, RR dan KM. Setelah gelar perkara tadi pagi, Timsus memutuskan untuk menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka.

"Jadi saya ulangi, Timsus telah menetapkan saudara FS sebagai tersangka," kata Kapolri.

1. Bharada E atau Bharada Richard Eliezer

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengumumkan tersangka pertama dalam kasus dugaan baku tembak yang menewaskan Brigadir J di rumah Kadiv Propam Non Aktif, Irjen Ferdy Sambo.

Tersangka tersebut yakni Bharada E atau Bharada Richard Eliezer.

"Cukup menetapkan Bharada E sebagai tersangka," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian di Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Andi mengatakan penetapan tersangka berdasarkan pemeriksaan terhadap 40 orang saksi, termasuk saksi ahli. Bharada E dijerat dengan pasal 338 tentang pembunuhan dengan sengaja KUHP juncto Pasal 55 dan 56 KUHP terkait persekongkolan dalam tindak pidana.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.