Mahasiswa ISI Surakarta dan Pokdarwis Desa Kesamben Kolaborasi Bikin Kostum Karnaval

Yoyok Agusta
Kostum Dewi Sri dan Cakra Palah karya Mahasiswa ISI Surakarta, Pokdarwis Kampung Padi dan warga Desa Kesamben. (Foto: Yoyok Agusta/ iNews)

Terpisah, Ketua Pokdarwis Kampung Padi, Yohanes Endy Pratikto menuturkan, dengan adanya mahasiswa ISI Surakarta KKN di Kecamatan Kesamben, membawa nilai positif bagi Pokdarwis dalam mengaplikasikan seni kreatif yang didapat Pokdarwis selama pelatihan di kampus ISI Surakarta.

Masih menurut Endy, hal itu terbukti dengan hasil karya bersama dua Kostum Karnaval Dewi Sri dan Cakra Palah. Dan rencananya akan di pakai saat gelaran karnaval pada bulan Oktober.

"Rencananya, kostum itu akan kita pakai saat karnaval Oktober mendatang. Terkait kostum Dewi Sri ini sesuai dengan lambang Pokdarwis kampung padi yakni padi dan kapas. Sedangkan kostum Cakra Palah, untuk mengangkat budaya Kabupaten Blitar," jelas Endy.

Lebih jauh Endy mengatakan, pengetahuan yang telah didapat dari ISI Surakarta ke depan akan di tularkan pada generasi muda Kesamben. Jika hal itu mendapatkan support pihak terkait.

Dia berharap, ada dukungan penuh dari desa, sehingga Pokdarwis akan tetap ada dan eksis, agar dapat terus berkarya untuk kemajuan Desa Kesamben.

"Semoga pemerintah desa mendukung kami sepenuhnya, soalnya di desa-desa lain mereka sangat mendukung, termasuk adanya anggaran untuk itu. Selama ini kita swadaya sendiri, sehingga kita sering kerepotan. Karena komitmen mencintai Desa Kesamben, makanya terbentuk kelompok ini dan bertahan," jelas Endy.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network