Mahasiswa ISI Surakarta dan Pokdarwis Desa Kesamben Kolaborasi Bikin Kostum Karnaval

Yoyok Agusta
Kostum Dewi Sri dan Cakra Palah karya Mahasiswa ISI Surakarta, Pokdarwis Kampung Padi dan warga Desa Kesamben. (Foto: Yoyok Agusta/ iNews)

BLITAR, iNews.id-Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta kolaborasi dengan Warga Desa Kesamben, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Padi, membuat dua kostum karnaval.

Tema kostum tersebut adalah Dewi Sri dan Cakra Palah. Dewi Sri sengaja dipilih karena di Desa Kesamben memiliki wisata edukasi Kampung Padi. Sedangkan Dewi Sri sendiri dipercaya masyarakat nusantara merupakan tokoh yang memiliki simbol kesuburan bagi tanaman padi.

Terkait pilihan membuat kostum Cakra Palah karena untuk mengangkat budaya lokal Kabupaten Blitar. Cakra Palah selama ini sudah dijadikan sebagai motif batik khas Blitar.

Dalam proses pembuatan dua kostum tersebut, para mahasiswa ISI Surakarta yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Kesamben berperan sebagai desainernya, sedangkan pengerjaannya dilakukan anggota Pokdarwis.

"Desain kostum Dewi Sri kami yang membuat, sedangkan kostum Cakra Palah kami di bantu pihak kampus. Untuk proses pengerjaannya dilakukan Pokdarwis selama empat hari," jelas Ketua Tim KKN ISI Surakarta, Kharisma Yogi Amarin, usai menggelar pameran di Balai Desa Kesamben, Jumat, (26/8/2023).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network