Kejari Sidoarjo akan Launcing Rumah Restorative Justice, Ini Respon para Kades

Ichwan
.
Rabu, 27 April 2022 | 17:29 WIB
Kasi Pidum Kejari Sidoarjo Hafidi ketika bersama perwakilan 20 kepala desa di Kabupaten Sidoarjo usai sosialisasi rumah restorative jastice di aula Kejari Sidoarjo. (Ft : Nanang Ichwan/iNewsSidoarjo).

SIDOARJO, iNews.id - Rumah Perdamaian atau Restorative Justice (RJ) Kejari Sidoarjo bakal segera dilauncing usai lebaran. Rencananya, rumah perdamaian itu akan diawali lebih dulu dengan di buka di 20 desa di Sidoarjo.

Meski akan dilauncing, namun para Kepala desa (Kades) merespon positif rencana tersebut. Hal itu terlihat saat acara sosialisasi di Aula gedung Kejaksaan Negeri Sidoarjo, Selasa (27/4/2022).

Sosialisasi kali ini dihadiri 20 kepala desa yang bakal dinaungi rumah perdamaian oleh kejaksaan. Selain itu pejabat utama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo juga turut hadir.

"Ini merupakan sebuah pilot projek yang sangat dibutuhkan di Desa. Terkait masalah hukum dan kasus pidana ringan yang harusnya bisa diselesaikan tanpa jalur hukum," ucap Kepala Dinas PMD Sidoarjo Mulyawan.

Ia mengaku, konsep restorative justice bisa diterapkan dalam kasus-kasus tindak pidana ringan yang harusnya bisa diselesaikan melalui nilai kearifan lokal tanpa jalur hukum. "Ini penting juga peran para kepala desa (kades) untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat," jelasnya.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini