get app
inews
Aa Read Next : Miris! Hanya Manula Yang Boleh Jumatan di Masjid Al-Aqsa di Jalur Gaza

5 Negara Terjunkan Bantuan Pesawat Militer di Gaza

Senin, 11 Maret 2024 | 18:06 WIB
header img
Pesawat-pesawat militer dari lima negara telah menerjunkan bantuan ke Gaza sejak kemarin. Foto/REUTERS

GAZA, iNewsSidoarjo.id – Pesawat-pesawat militer dari lima negara telah menerjunkan bantuan ke Gaza sejak kemarin. Fotografer, yang berada di dalam pesawat militer Yordania, melihat ratusan warga Palestina bergegas untuk menerima palet perbekalan pokok yang berjatuhan.

Militer Yordania mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat Amerika Serikat, Prancis, Belgia dan Mesir juga berpartisipasi dalam operasi bantuan yang mencakup “enam penjatuhan udara gabungan di bagian utara Gaza”.

Yordania telah melakukan 37 operasi penerjunan udara sepihak. “Dan 40 lainnya bekerja sama dengan negara-negara mitra selama perang,” kata militer Yordania, seperti dikutip dari sindonews.com melalui AFP pada Senin (11/3/2024).

Adapun penerjunan bantuan terbaru dilakukan di utara wilayah yang terkepung, di mana kelaparan membayangi lebih dari lima bulan sejak perang Israel-Hamas pecah.

Selama tiga jam melintasi Gaza utara pada hari Minggu, jurnalis AFP melihat ratusan orang, termasuk pria, wanita dan anak-anak, berlari dan melihat ke atas begitu mereka mendengar suara pesawat di atas, menunggu palet mendarat.

Saat melihat keluar dari pesawat, fotografer juga dapat melihat kehancuran besar di bawah. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa sebagian besar dari 2,4 juta penduduk Gaza berada di ambang kelaparan, terutama di wilayah utara di mana pembatasan yang dilakukan Israel telah menghambat akses bantuan melalui jalur darat.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut