get app
inews
Aa Read Next : Arus Balik, Polresta Sidoarjo Kembali Gelar Tes Urine Kru Bus di Terminal Purabaya

Tersangka Kasus Dugaan Hak Desain Industri di Sidoarjo Tempuh Jalur Praperadilan, Ini Alasannya

Rabu, 06 Maret 2024 | 12:52 WIB
header img
Sidang praperadilan kasus dugaan pidana hak industri di PN Sidoarjo. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNews.id - Prosedur penetapan tersangka yang disangkakan penyidik Polresta Sidoarjo terhadap Toni Hartanto, tersangka kasus dugaan desain industri, saat ini tengah diuji di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo. Toni Hartanto melalui kuasa hukumnya mengajukan upaya tersebut lewat permohonan pra peradilan.

Gugatan Praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Sidoarjo itu teregister nomor : 1/Pid.Pra/2024/PN Sda. Kini, Rabu (6/3/2024), agenda sidang memasuki agenda pembuktian. Pihak pemohon yaitu Toni Hartanto melawan termohon Kapolresta Sidoarjo Cq Kasatreskrim Polresta Sidoarjo.

Indah Triyanti, salah satu tim kuasa hukum pemohon mengatakan, pihaknya mempersoalkan sah atau tidaknya penetapan tersangka terhadap kliennya yang diterbitkan oleh Penyidik Polresta Sidoarjo bernomor S.Tap/10/I/RES.5.1/2024/Satreskrim tertanggal 19 Januari 2024.

Menurut dia, perbuatan termohon yang menetapkan pemohon sebagai tersangka merupakan perbuatan sewenang-wenang. Ia menilai, tindakan itu tidak sesuai dengan prosedur dan bertentangan dengan hukum.

“Sehingga, tujuan kami ajukan pra peradilan untuk menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka,” ucapnya.


Indah Triyanti, salah satu tim kuasa hukum pemohon praperadilan ketika menunjukkan dokumen HKI milik kliennya. (Foto : iNewsSidoarjo.id).
 
Lebih jauh Indah menjelaskan, duduk permasalahan yang menjerat kliennya ini berkaitan dengan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kliennya, ucap dia, dilaporkan oleh AL, selaku pengusaha dengan tuduhan memakai produk dan mereknya, serta dianggapnya menyamai profil pigura milik pelapor.

“Padahal produk dari klien kami tidak ada kemiripan sama sekali dengan milik pelapor. Klien kami juga memiliki legalitas yang telah di terbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM RI bernomor A00202301210," jelasnya.

Indah pun kaget karena kliennya disoal soal penjiplakan produk, padahal kliennya punya legalitas yang sah. Anehnya, legalitas yang telah diterbitkan dan bernomor tersebut dianggapnya oleh pelapor ijinnya tidak baru karena dianggap memiliki kesamaan bentuk konfigurasi desain industri milik pelapor.

Tak hanya itu, Indah juga menegaskan jika pihaknya juga sudah mengirimkan bukti perizinan yang dimiliki oleh kliennya terhadap termohon. Justru, selang 3 hari kemudian termohon yakni Polresta Sidoarjo malah menerbitkan penetapan tersangka terhadap kliennya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut