get app
inews
Aa Read Next : Petugas Rutan Ponorogo Gagalkan Penyelundupan 500 Butir Pil Dextro

3 Orang di Sidoarjo Lolos Edarkan 15 Kg Sabu, Giliran Bawa 19,6 Kg Tertangkap

Kamis, 12 Oktober 2023 | 09:54 WIB
header img
Ketiga terdakwa kurir sabu sebesar 19,6 Kg ketika di adili di PN Sidoarjo. (Foto : iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Ario Anggowo Mulyo (32), M Nafik Supriyanto (41) dan Hendrik Anggun Setiawan (32), para terdakwa kurir sabu pernah lolos mengedarkan sabu sebesar 15 Kg.

Hal itu terungkap saat dua orang saksi dari Ditreskoba Polda Jatim yang melakukan penangkapan yakni Hutomo dan Nanang saat memeberikan keterangan di PN Sidoarjo, Rabu (11/10/2023).

Menurut Hutomo, ketiga terdakwa sudah melakukan perbuatannya sebanyak dua kali. Itu berdasarkan pengakuan para terdakwa saat diperiksa di tingkat penyidikan.

Pada pengambilan pertama dan tidak ditangkap seberat 15 kg. Barang tersebut habis diedarkan dengan sistem ranjau dalam waktu sebulan saja.

Sedangkan untuk saat aksi para terdakwa yang kedua bisa diungkap. Saksi mengaku jumlah yang kedua seberat 20 Kg.

“Kami hanya menyita 19,5 kg (sebelumnya dalam dakwaan 19,6 Kg), karena yang 500 gram sudah sempat didistribusikan ke orang selanjutnya dengan sistem ranjau di sebuah minimarket daerah Sidoarjo,” ungkap dia.

Meski demikian, kedua saksi yang dihadirkan itu menjelaskan, penangkapan ketiga terdakwa itu berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang mengatakan adanya sabu yang akan masuk ke area Jawa Timur dari Jakarta.

Setelah melalui penyelidikan yang mendalam akhirnya ia bersama tim Dit resnarkoba Polda Jatim berhasil mengidentifikasi keberadaan barang berikut pembawanya yang berada di Perum Grand Alexandria di Desa Damarsi, Kecamatan Buduran, Sidoarjo.

“Saat dilakukan penggerebekan pada 11 Mei 2023 sekitar pukul 06.00 WIB, dua orang berada di lantai atas bangunan sedang bersantai, atas nama Aryo dan M. Nafik, sedangkan untuk barang bukti sabu berada di sebuah ruangan dan disimpan dalam koper,” terang Hutomo saat menjadi saksi di PN Sidoarjo.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut