get app
inews
Aa Read Next : Tips Hindari Kolesterol dan Darah Tinggi Saat Makan Daging Kurban

Tips Mengolah Daging Kambing agar Tak Bau Prengus dan Empuk

Minggu, 02 Juli 2023 | 17:23 WIB
header img
Chef Danu saat membuat olahan daging kambing di Aston Hotel Sidoarjo. Sabtu (1/7/2023).

Tekstur daging akan lebih empuk jika di istirahat kan dulu setelah disembelih, tidak langsung dimasak. Diistirahatkan kurang lebih sekitar tiga hari dalam pendingin di suhu nol derajat.

Namun, jika ingin segera memasak daging tersebut, maka bisa menggunakan buah nanas. Enzim yang terdapat pada nanas sangat ampuh untuk memecah jaringan otot dalam daging.

"Satu kilogram daging bisa menggunakan seperempat buah nanas. Diblender dulu lalu dicampurkan ke dagingnya. Tapi jangan terlalu lama merendam daging di dalam nanas, nanti dagingnya akan hancur ketika dimasak," beber Danu.

Dia melanjutkan, hindari mencuci daging ketika hendak disimpan. Karena kadar air akan mempengaruhi kelembaban daging dan teksturnya. Danu menyarankan untuk mencuci daging hanya ketika hendak dimasak saja.

Selain nanas, Danu menjelaskan daun pepaya juga bisa dijadikan alternatif agar tekstur daging lebih empuk. Namun, bagi beberapa orang cara ini kurang disukai karena akan berpengaruh terhadap rasa daging.

"Triknya, jangan terlalu lama mencampur daging dengan daun pepaya karena nanti bisa pahit rasanya. Bungkus daging menggunakan daun pepaya saat disimpan ke dalam kulkas, agar lebih empuk dan tidak mempengaruhi rasa," tutupnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut