get app
inews
Aa Read Next : Tips Hindari Kolesterol dan Darah Tinggi Saat Makan Daging Kurban

Tips Mengolah Daging Kambing agar Tak Bau Prengus dan Empuk

Minggu, 02 Juli 2023 | 17:23 WIB
header img
Chef Danu saat membuat olahan daging kambing di Aston Hotel Sidoarjo. Sabtu (1/7/2023).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Mayoritas masyarakat Indonesia pasti menyukai masakan daging kambing. Mengolah daging kambing agar tidak bau prengus dan empuk memang gampang-gampang susah.

Executive Chef Aston Hotel Sidoarjo, Danu Anggara membeberkan cara mengolah daging kambing agar tak bau prengus dan empuk. Danu menjelaskan, sebenarnya daging sapi atau kambing prengus atau tidak tergantung cara penggemukannya.

Kambing lokal memang lebih prengus dibanding jenis kambing lainya karena makannya murni rumput, tanpa campuran.

"Tapi ada beberapa kambing yang tidak prengus jika dikasih makan konsentrat atau makanan fermentasi. Itu juga berpengaruh terhadap tekstur daging akan lebih empuk," ucap Danu, Sabtu, (1/7/2023).

Dikatakan Danu, ada beberapa cara untuk mengolah daging kambing agar tidak bau prengus, yang pertama dengan cara memisahkan jaringan lemak pada daging.

"Sebenarnya yang bikin prengus itu adalah jaringan lemak yang di dalam daging. Ini harus disisit atau dipisahkan," imbuhnya.

Kedua, menggunakan rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, cabai bubuk, yogurt, dan garam masala atau garam india.

Atau juga bisa menggunakan bahan yang beraroma asam seperti jeruk nipis, daun jeruk, bumbu moh yong atau dikenal dengan five spice powder, dan ace atau kapulaga india.

"Semua bumbu dapur atau rempah-rempah yang beraroma kuat bisa menutupi bau prengus pada daging kambing ketika hendak dimasak," kata dia.

Sedangkan, untuk mengolah daging kambing agar bertekstur empuk dan lembut saat dimakan, pria asal Semarang ini juga membeberkan tips nya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut