get app
inews
Aa Read Next : Caleg Partai Perindo Venna Melinda Ngopi Bareng Generasi Milenial di Kediri

Bawaslu Sidoarjo Temukan Ribuan Daftar Pemilih Tak Jelas Tersebar di 10 Kecamatan

Rabu, 21 Juni 2023 | 14:44 WIB
header img
Bawaslu Sidoarjo. (Foto : iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Ada ribuan data pemilih yang tak jelas masuk dalam Daftar Pemilih sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Pemilu 2024. Data tersebut ditemukan Bawaslu Sidoarjo.

Ketua Bawaslu Sidoarjo Haidar Munjid menyebut, sebanyak 1.847 pemilih tidak jelas atau pemilih anomali dari total pemilih di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 1.468.302 orang.

Jumlah pemilih yang misterius tersebut, ungkap dia, dominan ditemukan dari alamat pemilih yang tertulis RT 00/RW 00 dari sejumlah kecamatan.

Sisanya dari data pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) baik yang disebabkan meninggal dunia ataupun pindah keluar serta pemilih yang memenuhi syarat tapintidak masuk dalam Data pemilih.

Ia mengungkap, data pemilih dengan alamat RT 00/RW 00 ditemukan sebanyak 1.720 pemilih dan menyebar di 10 kecamatan se-Sidoarjo.

"Dari 18 kecamatan se-Sidoarjo ditemukan di 10 kecamatan data pemilih anomali yaitu, Sidoarjo Kota, Balongbendo, Krian, Prambon, Tulangan, Tanggulangin, Porong, Gedangan, Sedati dan Waru," jelasnya, Rabu (21/6/2023).

Sedangkan untuk pemilih yang TMS, lanjut Haidar, ada 123 pemilih yang sudah meninggal dunia atau pindah keluar tapi masih masuk dalam daftar pemilih. Yakni di Kecamatan Tulangan sebanyak 22 pemilih dan Kecamatan Waru ditemukan 101 pemilih.

"Dan ada 4 pemilih yang seharusnya memenuhi syarat namun tidak masuk dalam daftar pemilih,"ujarnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut