get app
inews
Aa Read Next : Para Penumpang Jangan Khawatir, Stok Tiket Kereta Api Libur Nataru Masih Tersedia Banyak

Puluhan Ribu Orang Pilih Mudik Gunakan Kereta Api, Ini Rute Paling Favorit

Sabtu, 23 April 2022 | 21:19 WIB
header img
PT KAI mencatat sebanyak 66.676 pelanggan menggunakan kereta api sebagai transportasi mudik hingga keberangkatan Jumat (22/4/2022) atau H-10 Lebaran. (Foto: MPI/Rizky Syahrial)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Puluhan ribu orang memilih mudik lebaran 144 H menggunakan kereta api. Data PT Kereta Api Indonesia (Persero) meyebut, sebanyak 66.676 pelanggan menggunakan kereta api sebagai transportasi mudik hingga keberangkatan Jumat (22/4/2022).

Adapun okupansi kereta pada H-10 Lebaran ini mencapai 57 persen dari 117.060 tempat duduk yang disediakan. Jika dibandingkan dengan pekan lalu terdapat peningkatan penumpang sebesar 6 persen, di mana pada 15 April 2022 KAI melayani 62.757 pelanggan KA Jarak Jauh.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pihaknya mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari lebaran.

Hal tersebut juga sesuai anjuran Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakat untuk mudik lebih awal. "Untuk masyarakat yang ingin mudik, bisa memilih kereta api sebagai pilihan transportasi. Disarankan jauh-jauh hari supaya tidak padat menjelang hari lebaran nanti," ujar Joni, Sabtu (23/4/2022).

Dia menuturkan, rute yang menjadi favorit pelanggan pada keberangkatan H-10 Lebaran adalah rute Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Bandung pp, dan Jakarta - Semarang pp.

Lebih lanjut Joni menyampaikan, pada keberangkatan 23 sampai dengan 27 April, atau H-9 sampai dengan H-5 Lebaran, jumlah tempat duduk yang disediakan masih cukup tersedia karena rata-rata okupansinya masih sekitar 48 persen.

Sedangkan untuk keberangkatan 28 April sampai dengan 1 Mei, atau H-4 sampai dengan H-1 Lebaran, tiket sudah mulai terbatas karena rata-rata okupansinya sudah mencapai 70 persen.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut