get app
inews
Aa Read Next : Gegerkan Warga Malang! Narasumber Dipanggil Polisi Usai Video Sekte Pemuja Setan Viral

Video Viral Tabrakan KA Brantas vs Truk, KAI: Sarana dan Prasarana Rusak

Rabu, 19 Juli 2023 | 10:02 WIB
header img
Tabrakan KA Brantas dengan Truk (Foto: Okezone.com).

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengungkapkan insiden KA Brantas relasi Pasar Senen-Blitar dengan Truk Tronton merusak sarana dan prasarana.

Tabrakan juga menyebabkan keterlambatan perjalanan KA yang menyebabkan jalur KA pada petak Jerakah - Semarang Poncol untuk saat ini belum bisa dilalui.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan bahwa kondisi Masinis dan Asisten masinis serta para penumpang kereta api dinyatakan selamat.

Joni mengatakan saat ini, para petugas KAI dibantu dengan pihak terkait masih melakukan evakuasi kereta api dan evakuasi bangkai truk yang tersangkut di jembatan dekat perlintasan sebidang.

Dia juga mengingat bahwa bagi masyarakat yang melintasi perlintasan sebidang untuk selalu mematuhi aturan dan berhati-hati.

"Kami kembali mengingatkan, aturan melintas di perlintasan sebidang adalah berhenti di rambu tanda STOP, tengok kiri-kanan, apabila telah yakin aman, baru bisa melintas. Patuhi rambu–rambu lalu lintas yang ada, agar masyarakat aman dan selamat ketika melintas di perlintasan sebidang," kata Joni dalam keterangan, Dikutip dari Okezone.com pada Rabu (19/7/2023).

Hal tersebut sesuai dengan UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, pasal 114 menyatakan pada perlintasan sebidang antara jalur KA dan jalan, pengemudi wajib.

a. Berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup dan/atau ada isyarat lain.

b. Mendahulukan kereta api, dan

c. Memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintasi rel.

Apabila penguna jalan raya tidak mematuhi aturan tersebut, maka sanksi hukum telah menanti, sesuai sanksi hukum yang tertera pada aturan UU No: 22 tahun 2009, pasal 296 yang berbunyi:

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut