get app
inews
Aa Read Next : Jelang Lebaran, Produksi Pentol Kabul Naik Dua Kali Lipat

Usahakan Hindari 3 Makanan Ini saat Santap Sahur

Kamis, 31 Maret 2022 | 12:50 WIB
header img
Menu sahur praktis yang bisa dibuat (Foto: Instagram @yscooking)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Santap sahur merupakan bagian dari ibadah puasa di bulan Ramadan. Santap sahur merupakan penting untuk memenuhi asupan nutrisi dalam menjalankan ibadah puasa.

Meski demikian, hendaknya menu santap sahur perlu dijaga. Jangan sampai justru membuat badan lemas saat menjankan ibadah puasa. Terkait hal tersebut, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat sahur.

Apa saja itu? Dilansir dari Masnad, Kamis (6/5/2021), berikut tiga jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur.

1. Makanan tinggi lemak

Lemak sangat penting bagi, tetapi kita sering mengonsumsi jenis lemak yang salah dan dalam jumlah yang sangat besar. Makanan yang digoreng populer saat sahur, dari gorengan, keju, mentega, dan daging olahan.

Makanan ini menyebabkan mulas, memperparah refluks asam dan peradangan serta memiliki kalori dalam jumlah yang sangat besar, sehingga tidak jarang orang bertambah berat badan selama Ramadhan.

Selain itu, menghindari lemak jenuh yang terdapat pada produk hewani, seperti produk susu berlemak tinggi, daging olahan dan mentega, serta minyak kelapa dan minyak sawit juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko darah tinggi.

Sebagai alternatif, coba ganti jenis lemak ini dengan sumber lemak yang lebih sehat dalam jumlah terbatas. Sumber yang lebih sehat ini termasuk lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun dan alpukat, serta omega 3 dan omega 6s dari ikan dan kacang-kacangan.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut