get app
inews
Aa
Read Next : BREAKING NEWS! Timur Tengah Memanas, Israel Balas Serang Iran

Panglima Perang Masa Kerajaan di Nusantara Disegani Lawan Maupun Kawan

Rabu, 16 Maret 2022 | 11:01 WIB
header img
Ilustrasi Gajah Mada (Foto: Ist)

Seorang panglima perang merupakan pimpinan yang bertugas menjalankan misi kerajaan. Misi tersebut mulai dari menjaga wilayah kerajaan maupun merebut kekuasaan kerajaan lain. Tak heran jika fungsi panglima perang sangat penting didalam suatu kerajaan. Panglima perang sendiri berfungsi membuat strategi perang dan mengontrol pasukan militer.

Berikut ini merupakan panglima perang pada zaman kerajaan di Nusantara yang paling disegani. Dikutip iNewsSidoarjo.id dari okezone.com, Rabu, (16/3/2022)

1. Laksamana Mpu Nala

Mpu Nala merupakan panglima perang Kerajaan Majapahit. Ia dikenal pula sebagai Rakryan Tumenggung. Mpu Nala diangkat menjadi panglima oleh Raja Tribhuwana Tunggadewi. Nama Mpu Nala tercatat dalam kitab Negarakertagama. Dikisahkan bahwa ia merupakan panglima perang yang berjuang di wilayah perairan.

Ia berhasil membangun ratusan kapal tangguh dan memiliki pasukan yang gagah. Hal ini merupakan salah satu bentuk untuk bisa mewujudkan Sumpah Palapa.

Kapal-kapal perang itu diisi dengan meriam Cet Bang dan sangat disegani. Kapal perang itu disebut sebagai Jung Jawa. Selain tercatat dalam kitab Negarakertagama, nama Mpu Nala juga tercatat pada Prasasti Prapancapura, Prasasti Batur, Prasasti Bendosari, Prasasti Palungan, dan Prasasti Sekar.

2. Datu Banua Lima

Datua Banua Lima merupakan gelar untuk lima panglima kerajaan Tanjungpuri yang terkenal akan kesaktiannya dan ditakuti kerajaan lain, pada abad ke-14 Masehi. Ketika Laksamana Nala datang ke sini, Datu Banua Lima dengan sigap dan berani langsung menghadang.

Menurut hikayat Datu Banua Lima, panglima pertama dari lima panglima tersebut bergelar Panglima Alai. Panglima Alai merupakan seseorang yang ahli politik dan strategi.

Panglima kedua ialah Tabalog, yang terkenal akan kegagahan dan keberaniannya. Ketiga, Panglima Balangan yang memiliki paras rupawan dan suka menuntut ilmu kanuragan. Sosok keempat dan kelima Datu Banua Lima merupakan si kembar yang bergelar Panglima Hamandit dan Panglima Tapin.

Si kembar ini terkenal keras dan suka berkelahi. Kerajaan Tanjungpuri pernah membantu Kerajaan Nan Sarunai saat kerajaan Nan Sarunai diserang Kerajaan Majapahit. Hingga akhirnya terjajadi peperangan besar antara Majapahit dengan Kerajaan Nan Sarunai yang dibantu oleh pasukan Tanjungpuri.

3.Pati Unus

Pati Unus merupakan panglima perang dari Kerajaan Demak. Sejak usia 17 tahun, ia sudah memimpin perlawanan terhadap bangsa Portugis di Malaka. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama yang didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1500

Semasa menjadi panglima perang, salah satu peran penting Pati Unus adalah memimpin misi besar yakni melakukan penyerbuan ke Malaka untuk melawan Portugis. Ia juga dengan berani menutup akses Portugis hingga membuat Portugis kehabisan bahan pangan.

Akibat aksinya yang berani itu, Parti Unus akhirnya dijuluki sebagai Pangeran Sabrang Lor. Setelah menjadi panglima perang pun ia menjadi raja, menggantikan Raden Patah yang wafat.

4. Gajah Mada

Gajah Mada merupakan seorang mahapatih hebat dalam Kerajaan Majapahit. Ia mengawali karier politiknya saat berhasil menaklukan pemberontakan Ra Kuti. Gajah Mada terkenal akan Sumpah Palapa yang dibuatnya.

Sumpah tersebut berisikan tentang keinginannya menaklukkan wilayah-wilayah Nusantara sebagai daerah kekuasaan Majapahit. Dengan sumpahnya itu, ia berhasil menyatukan hampir keseluruhan Nusantara.

Pada masa pemerintahan Tribhuwanatunggadewi, Gajah Mada sudah melakukan berbagai invasi untuk menaklukkan Nusantara.

Dan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, ia semakin gencar menaklukan wilayah di timur, seperti Sasak, Bantayan, Luwu, dan Buton. Ia juga memiliki andil dalam Perang Bubat yang menewaskan para petinggi Kerajaan Sunda.

Gajah Mada memiliki strategi perang di antaranya ialah Garuda Nglayang, Sapit Urang, Cakra Byuha, dan Emprit Neba. iNewsSidoarjo.id

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut