get app
inews
Aa Read Next : Sejarah Surabaya Hingga Perseteruan Pendiri Kerajaan Majapahit Lawan Pasukan Tar-Tar di Sungai Kalim

Sosok Tribhuwana Wijayatunggadewi Naik Takhta Jadi Raja Majapahit, Siapa Dia?

Selasa, 08 Agustus 2023 | 13:44 WIB
header img
Wajah Tribhuwana Tunggadewi versi artificial inteligence. (Foto: TikTok @ainusantara)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Tribhuwana Wijayatunggadewi naik takhta menjadi Raja Majapahit sepeninggal Jayanagara. Tribhuwana Wijayatunggadewi anak pendiri Majapahit, Raden Wijaya dari hasil pernikahan dengan Gayatri.

Istri Ketiga Raden Wijaya Earl Drake dilansir dari iNews.id Selasa (8/8/2023) dalam buku 'Gayatri Rajapatni : Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit' mengisahkan bagaimana Tribhuwana dari seorang gadis yang anggun, pandai membawa diri, ramah, dan tenang, menjadi penguasa Majapahit.

Tingkah lakunya tak pernah gegabah dalam menampilkan perasaan suka cita maupun kekalutan yang tiba-tiba hadir dalam kehidupannya. Penobatan Tribhuwana sebagai raja membuatnya terkejut.

Dia tak menyangka mendapat jabatan yang mentereng. Apalagi Majapahit memiliki cita-cita untuk memperluas pengaruh di Pulau Jawa. Pentahbisan dan penobatan Tribhuwana sebagai ratu dan juga upacara perkawinannya digelar megah.

Sedikit penyesuaian protokoler agar statusnya sebagai penguasa perempuan tetap terlihat. Setahun kemudian, pernikahan adik Tribhuwana, Rajadewi Maharajasa juga digelar tanpa kesulitan berarti karena ia bukan Kepala Negara.

Gayatri lega karena kerajaan maupun khalayak pada umumnya menyambut hangat pengangkatan sang ratu muda, setelah beberapa dasawarsa hidup dengan konflik dan pemberontakan yang memakan banyak korban di kedua belah pihak.

Semua orang merasa lelah. Khalayak menyambut kesempatan ini untuk membuka lembaran baru serta bersatu-padu mendukung pasangan rupawan kerajaan yang melambangkan sebuah awalan baru dan kesatuan cita-cita nasional yang telah lama dinanti.

Namun Gayatri masih dalam rasa penyesalannya usai merencanakan pembunuhan ke Jayanagara. Kendati dia melakukan hal itu karena melindungi anak-anaknya dan keuntungan pribadinya.

Berkat pertimbangan Gajah Mada, semua peralihan kekuasaan di Majapahit beralih dengan lancar kendati diiringi pertumpahan darah. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut