get app
inews
Aa Read Next : Sosok Tribhuwana Wijayatunggadewi Naik Takhta Jadi Raja Majapahit, Siapa Dia?

Kisah Istana Majapahit Semasa Hayam Wuruk Bertahta, Megah dan Luas

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10:20 WIB
header img
Kerajaan Majapahit (foto: dok Wikipedia)

SEJARAH, iNewsSidoarjo.id-Kerajaan Majapahit konon mempunyai kompleks bangunan istana yang luas dan megah. Kompleks bangunan ini dibagi menjadi beberapa bagian dan di tempati sejumlah orang, baik dari keluarga kerajaan maupun sejumlah pejabat Majapahit.

Dikisahkan dalam buku "Menuju Puncak Kemegahan Sejarah Kerajaan Majapahit", karya Slamet Muljana, istana Majapahit tersebut dibagi menjadi beberapa bagian untuk keluarga istana dan anggota kerajaan.

Istana yang ada sebelah utara di belakang paseban, tempat tinggal rani Kahuripan bersama suaminya Sri Nata Kertawardana.

Melangsir dari okezone.com istana sebelah timur jauh dari pintu pertama adalah istana Raja Hayam Wuruk yang bergelar Sri Nata Rajasanagara. Istana sebelah selatan adalah istana saudara perempuan sri nata, yakni rani Pajang bersama suaminya Singawardana, raja Paguhan.

Semua rumah yang terdapat di Istana mempunyai tiang - tiang yang penuh berukir berwarna - warna, kakinya dari batu merah penuh relief, bermacam - macam atapnya. Halamannya ditanami pohon tanjung, kesara, dan campaka.

Sementara di sebelah barat laut istana Majapahit, berdiri beberapa bangunan tempat tinggal menteri, yang bertindak sebagai sesepuh panangkil, atau orang yang mengetuai orang - orang yang menghadap. Di sebelah selatan adalah rumah tinggal para abdi dalem raja Paguhan, yang terus menerus menghadap.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut