get app
inews
Aa Read Next : Jumat Berkah, Mimik Idayana Bagikan 500 Paket Makan Gratis

Survei ARCI: Subandi-Mimik Idayana Paslon Terkuat Pilkada Sidoarjo

Selasa, 13 Agustus 2024 | 18:52 WIB
header img
ARCI saat menyampai rilis teekait pilkada Sidoarjo. Selasa (13/8/2024).

SIDOARJO, iNews.id - Elektabilitas paslon Subandi-Mimik Idayana mencapai 50,3 persen. Achmad Amir Aslichin-Khulaim 31,8 persen. Sugiono Adi Salam-Samsul Hadi 16,2 persen. Yang menjawab tidak atau belum tahu sekitar 1,7 persen.

Hal itu adalah hasil rilis dari Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) terkait kandidat calon kepala daerah Sidoarjo di Pilkada 2024. Direktur ARCI Indonesia Baihaki Sirajt mengatakan, survei kali ini menyimulasikan para kandidat menjadi tiga pasangan calon.

Bupati maupun wakil bupati. Masing-masing H Subandi-Hj Mimik Idayana. Amir Aslichin (Mas Iin)-Khulaim Junaidi, dan Sugiono—Samsul Hadi. Dalam simulasi tiga pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Sidoarjo itu, pasangan H. Subandi-Hj Mimik Idayana calon yang paling kuat.

”Tatkala kami lakukan simulasikan tiga pasangan calon, nama Subandi-Mimik masih menjadi yang terkuat," jelas Baihaki Sirajt saat merilis hasil surveinya di salah satu cafe di Sidoarjo pada Selasa (13/8/2024).

Hasil yang hampir sama juga muncul saat dilakukan survei dengan simulasi dua pasangan calon. Dipilih calon bupati laki-laki dan calon wakil bupati perempuan. Yaitu, H Subandi-Hj Mimik dan Mas Iin-Ainun Jariyah. Survei itu tetap menempatkan pasangan H Subandi-Hj Mimik sebagai calon terkuat dalam Pilkada Sidoarjo 2024 mendatang.

Subandi-Mimik tetap meraih angka paling tinggi, yakni 50,9 persen. Achmad Amir Aslichin (Mas Iin)-Ainun Jariyah meraih 38,2 persen. Adakah kemungkinan H Subandi-Hj Mimik ”bertarung” melawan pasangan Mas Iin-Sugiono?

Baihaki menyatakan kemungkinan pertarungan head to head seperti itu juga disimulasikan dalam survei ARCI Indonesia periode 22 Juli sampai 5 Agustus ini. Hasilnya? Lagi-lagi, pasangan H Subandi-Hj Mimik menempati posisi tertinggi. Duet PKB Gerindra tersebut mampu meraih elektabilitas 53,5 persen.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut