get app
inews
Aa Read Next : Hanya Gara-gara Ini, Tentara Israel Tembak Mati Seorang Warga Palestina

Survei Elektabilitas Tokoh Publik di Sidoarjo Versi ARCI, BHS Tertinggi

Sabtu, 05 Maret 2022 | 12:53 WIB
header img
Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan survei kondisi saat ini elektabilitas Parpol di Sidoarjo. Foto : dokumen sidoarjo.iNews.id/istimewa

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Elektabilitas Bambang Haryo Soekartono (BHS), mantan anggota DPR RI masuk urutan pertama sebagai tokoh publik di Kabupaten Sidoarjo. Urutan kedua disusul Bupati Sidoarjo saat ini, Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor (GM).

Sedangkan urutan ketiga mantan Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono dan urutan empat Wakil Bupati Sidoarjo saat ini, Subandi dan selebihnya ada sejumlah nama tokoh lainnya, Sabtu (5/3/2022).

Empat nama teratas itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dilakukan di 18 Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

Survei yang dirilis tesebut dengan sistem mutistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 400 orang, dengan diklaim margin of error sebesar tiga persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Sirajt kepada jurnalis di Sidoarjo mengungkapkan jika dua tahun menjelang Pemilu 2024 terkait hasil survei ARCI mengenai elektabilitas ketokohan kepada responden.

Salah satu pertanyaan yang ditanyakan yaitu Apabila Pemilihan Kepala Daerah dilakukan saat ini siapa yang anda pilih?. Hasilnya, menurut dia, Bambang Haryo Soekartono di presentase paling banyak dengan 36,5 persen dan urutan dua Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor sebesar 27,2 persen.

Lalu nomor 3 Kepala Kominfo Pemprov Jatim Hudiono 15,3 persen, Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi 9,3 persen diposisi 4, Kemudian no 5 ada Anggota DPRD Jatim dari PKB yakni Amir Aslihin atau Mas Iin sebesar 2,9 persen.  

Diposisi 6 survei ARCI ada Anggota DPRD Sidoarjo dari Gerindra, Mimik Idayana dengan presentase 1,4 persen disusul Ketua DPD Golkar Sidoarjo yakno Adam Rusydi 1,3 persen diperingkat 7.

Kemudian Ketua DPC PDI Perjuangan Sidoarjo, Sumi Harsono 0,9 persen di peringkat 8 dan diposisi dua terakhir ada Taufiqqulbar 0,8 persen dan Kelana Aprilianto di peringkat 10 sengan presentase 0,5 persen.

Untuk yang tidak menjawab dan tidak tau sebesar 3,9 persen. "Elektabilitas BHS memang unggul dari Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor. Namun yang cukup mengejutkan ada nama Mantan Pj Bupati Sidoarjo yang saat ini menjabat Kadis Kominfo Pemprov Jatim, Hudiono diperingkat ke 3," paparnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut