get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Rebut Kembali 50% Wilayah Yang Dikuasai Rusia, Menlu AS : Perjuangan Keras

Berjuluk Macan Sidoarjo, Ini Kisah Mayor Sabarudin Sosok Prajurit Bengis

Senin, 22 April 2024 | 08:06 WIB
header img
Potret retro Mayor Zainal Sabaruddin Nasution atau Macan Sidoarjo. Foto/Istimewa

Orang-orang Belanda yang ada di perkebunan tebu dan pabrik gula di Candi, Sidoarjo juga masuk daftar korban si Macan Sidoarjo. Salah satu korbannya adalah ayah Wieteke Van Dort, penembang lagu legendaris ‘Geef Mij Maar Nasi Goreng’.

“Ayahnya dia (Wieteke van Dort) administrateurdi pabrik gula candi. Ikut jadi korbannya Sabaruddin. Dia ikut juga dibawa ke Alun-Alun Sidoarjo. Ditembak 7 orang dalam regu tembak.

Tembakan terakhir diarahkan ke lehernya pakai pistol revolver,” sambung Ady. “Selain sukanyulikwanita-wanita Belanda, kekejaman Sabaruddin juga pernah menyeret orang pakai truk dari Surabaya sampai Sidoarjo.

Karena kebrutalannya itu, dia juga diburu sama TNI. Tapi sempat ditangkap, lalu dilepas lagi karena terjadi Agresi II,” lanjutnya. Meski begitu, jangan sangka Sabaruddin takut dengan sesama tentara.

Apalagi polisi macam M Jasin yang pernah protes, lantaran Kepala Biro Kepolisian Surabaya Basuki, pernah jadi korban salah tangkap Sabaruddin. Sesama tentara pun pernah dibunuhnya hanya karena berebut wanita yang juga putri Bupati Sidoarjo bernama Indriyati.

Korbannya bernama Soerjo, mantan atasan Sabaruddin semasa di PETA dulu. Soerjo juga ikut melanjutkan karier di tentara republik sebagai kepala keuangan dan perlengkapan TKR. Karena Soerjo berasal dari keluarga priyai, jelas putri bupati yang terkenal cantik itu memilih Soerjo ketimbang Sabaruddin.

Tapi belakangan, leher Soerjo ditebas pedang gunto Sabaruddin. Tindak-tanduk Sabaruddin sebagai Komandan PTKR yang seenak perut bahkan tak jarang ikut menjaring beberapa tokoh dari matra lainnya sebagai korban salah tangkap.

Seperti Iswahyudi (salah satu perintis Angkatan Udara Republik Indonesia/AURI), seorang perwira Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) Mayor Iskak, hingga seorang jenderal yang untuk kasus ini sengaja dia culik dan tangkap.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut