get app
inews
Aa Read Next : Imigrasi Surabaya Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Keimigrasian

Layanan Keimigrasian Haji Dipermudah, Jemaah Calon Haji Solo dan Surabaya Bisa Hemat Waktu

Selasa, 27 Februari 2024 | 19:14 WIB
header img
Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI, Silmy Karim, dan Direktur Jenderal Imigrasi Arab Saudi, Sulaiman bin Abdul Aziz, saat di Riyadh. Senin, (26/2/2024).

RIYADH, iNews.id - Kabar gembira bagi jemaah calon haji asal Indonesia! Proses keberangkatan haji akan semakin mudah dengan adanya layanan pemeriksaan pra kedatangan di Bandara Solo dan Surabaya.

Hal ini dibahas dalam pertemuan antara Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI, Silmy Karim, dan Direktur Jenderal Imigrasi Arab Saudi, Sulaiman bin Abdul Aziz di Riyadh. Senin (26/2/2024).

Sebelumnya, layanan pemeriksaan pra kedatangan sudah diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta melalui Makkah Route Initiatives (MRI). Skema ini memungkinkan jemaah haji menyelesaikan semua persyaratan visa di bandara keberangkatan, sehingga menghemat waktu di Arab Saudi.

Silmy menyambut baik layanan ini dan mengusulkan perluasannya ke bandara Solo dan Surabaya. Ia juga membuka peluang skema resiprokal, di mana petugas imigrasi Indonesia melakukan pemeriksaan pra kepulangan di bandara Arab Saudi.

"Kami usulkan agar skema tersebut bisa berlaku secara resiprokal. Hal ini menjadi perhatian kami, bagaimana caranya agar para tamu Allah ini bisa kita mudahkan prosesnya saat berangkat dan pulang," jelas Silmy.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut