get app
inews
Aa Read Next : Digelar September 2024! Presiden FAM Jadwalkan Laga Timnas Indonesia vs Timnas Malaysia

Kebugaran Jasmani Orang Indonesia Secara Umum, Ini yang Dikatakan Ketum Kormi

Kamis, 07 Desember 2023 | 16:39 WIB
header img
Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Pengembangan Program KORMI Menuju Indonesia Bugar 2024’ yang digelar KORMI Jatim di Hotel Luminor, Rabu (6/12/2023) sore.

SIDOARJO, iNews.id - Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman, menilai tingkat kebugaran jasmani orang Indonesia secara umum kurang. Hal tersebut berdasarkan laporan dan penelitian yang dilakukan institusi kesehatan serta lembaga lain.

Hal tersebut disampaikan mantan Menteri Olahraga saat menjadi pembicara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Pengembangan Program KORMI Menuju Indonesia Bugar 2024’ yang digelar KORMI Jatim di Hotel Luminor, Rabu (6/12/2023) sore.

“Berdasarkan penelitian, hanya 24% penduduk Indonesia yang memiliki kebugaran jasmani yang baik. Sementara 76% sisanya masuk kategori tidak bugar, bahkan sangat tidak bugar,” ujar Hayono Isman.

Menurut Hayono, rendahnya kebugaran jasmani masyarakat Indonesia berdampak pada berbagai hal, salah satunya prestasi olahraga. Ia menyentil prestasi para atlet Indonesia yang tidak meningkat.

“Selama ini prestasi atlet Indonesia menurun dan kita kesulitan mencari bibit-bibit atlet muda berkualitas, sehat, bugar, karena pembinaan pembinaan kualitas fisik, pendidikan jasmani dan program pembinaan cabor tidak efektif dilakukan, terintegrasi dengan memperhatikan aspek kesehatan, kebugaran dan iptek olahraga sejak dini,” tuturnya.

Hayono berharap KORMI dapat menjadi inspirasi masyarakat Indonesia untuk berolahraga. Ia menyebut, olahraga memiliki banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan fisik dan mental, hingga meningkatkan prestasi.

“Kita terus mendorong masyarakat agar lebih giat berolahraga karena dengan olahraga fisik menjadi bugar, sehat apalagi kalau olahraga non prestasi atau tradisional yang berkembang di masyarakat, kita bisa sehat, bugar dan bergembira karena olahraga ini tidak ada batasan usia,” imbuhnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut