get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Melihat Cikal Bakal Desa Wisata Susur Sungai di Tambak Cemandi Sidoarjo

Jum'at, 24 November 2023 | 21:40 WIB
header img
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi ketika menikmati wisata susur sungai Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. (Foto : dok/ist).

SIDOARJO, iNews.id - Wisata susur sungai yang ada di Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati menjadi satu-satunya destinasi wisata air yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Ya, potensi wisata dengan memanfaatkan aliran sungai menjadi ladang bisnis itu dilakukan Pemerintah Desa Tambak Cemandi yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menghasilkan pundi cuan yang bisa mendongkrak pendapatan.

Proses berdirinya wisata desa yang kini diberi nama wisata susur sungai itu dimulai pada tahun 2018. Saat itu, pemerintahan Desa Tambak Cemandi mendapatkan Dana Desa (DD) yang diprioritaskan untuk meningkatkan wisata di desa tersebut.

Destinasi wisata susur sungai tak lepas dari pemerintahan desa setempat yang melihat adanya potensi wisata di desa ini yang di sekitar Cafe Kalitekung.

Potensi itulah yang akhirnya direalisasikan desa susur sungai karena di wilayah sekitar terdapat banyak wisata pemancingan Ikan Bandeng yang sudah menjadi ciri khas desa tersebut.

Tak hanya itu, masyarakat sekitar Cafe Kalitekung banyak memiliki UMKM berupa warung makan ikan bakar.

Ide brilian itu akhirnya muncul untuk mengembangkan potensi wisata desa tersebut berupa susur sungai tetapi ada tempat nongkrong sebagai pemikat wisatawan khususnya generasi millenial maupun generasi Z.

"Nah dari situ saya dan Pak Kades melihat potensi wisata, kepikiran kenapa kok gak kita buat desa wisata aja yang nuansanya berbeda. Akhirnya muncul ide susur sungai itu," jelas Kustoro, Kepala Dusun Tambak Cemandi.

Nama susur sungai itu akhirnya diputuskan menjadi destinasi wisata. Total ada dua perahu dengan kapasitas masing-masing 12 penumpang itu menjadi moda transportasi wisata susur sungai.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut