get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Melihat Cikal Bakal Desa Wisata Susur Sungai di Tambak Cemandi Sidoarjo

Jum'at, 24 November 2023 | 21:40 WIB
header img
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi ketika menikmati wisata susur sungai Desa Tambak Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. (Foto : dok/ist).

Bagi wisatawan yang ingin menikmati susur sungai itu tak perlu menggeluarkan kocek yang banyak. Ya, para wisatawan hanya membayar tarif Rp 150 ribu sampai Rp. 200 ribu untuk bisa menikmati wisata susur sungai dengan rute melewati muara dan berakhir di pantai Tambak Cemandi.

"Kalau tiket masuk tidak ada, tetapi jika ingin naik perahu maka dikenakan tarif sekitar Rp 150 - Rp 200 ribu untuk 12 orang. Jadi bisa urunan buat naik perahunya," jelasnya.

Meski demikian, keberadaan wisata susur sungai ini diresmikan oleh Wakil Bupati Sidoarjo Subandi bersama Kades Tambak Cemandi Khoirudin pada 27 November 2022 silam. Sementara total anggaran dari dana desa yang dikeluarkan sebesar Rp 400 juta.

Anggaran tersebut dimanfaatkan untuk pembangunan balai kesenian, pembangunan lahan parkir, dan biaya operasional pelaksanaan (BOP).

Keberadaan wisata susur sungai itu diharapkan memikat wisatawan lokal maupun luar kota untuk mencobanya.

Hal itu agar dapat mewujudkan pendapat anggaran desa (PAD) yang berguna untuk masyarakat dan meningkatkan potensi wisata desa yang sudah dibangun dari awal.

Pemerintahan setempat berharap masyarakat sekitar dapat mendukung wisata desa Cafe Kalitekung agar kedepannya dapat membawa dampak baik bagi masyarakat sekitar.

"Berharap sih wisata desa ini dapat membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan menjadi impian masyarakat bersama," harap Kustoro.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut