get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Melihat Bisnis BUMDes Sumberejo yang Diresmikan Bupati Sidoarjo

Senin, 28 Agustus 2023 | 16:36 WIB
header img
Kades Sumberejo, H. Sahar Maulana (kaos kuning), bersama seorang warga saat berada ditengah asrinya taman BUMDes Sumber Makmur. (Foto : Amrizal Zulkarnain/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Desa Sumberejo, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo kini memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bernama Sumber Makmur.

Ya, berdirinya BUMDes yang diresmikan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor pada Minggu (27/8/2023) itu diharapkan mengajak masyarakat dalam membangun perekonomian desa, mengembangkan UMKM masyarakat melalui potensi lokal serta meningkatkan pendapatan desa.

"Usaha ini merupakan wujud pemberdayaan masyarakat yang merupakan implementasi dari tujuan didirikannya BUMDes tersebut," ucap Direktur BUMDes Sumberejo, Karen Agung Wibowo saat ditemui dikantor sekretariat BUMDes Sumber Makmur, Senin (28/8/2023).

Karen menjelaskan, usaha BUMDes Sumber Makmur saat ini yang dijalankan dalam bentuk pujasera (pusat jajanan serba ada). Rinciannya, lanjut dia, saat ini telah berdiri sebanyak 9 kios tempat makan minum dan 5 stand toko sebagai tempat berdagang pelaku ekonomi.

"Untuk pelaku ekonomi di BUMDes Sumber Makmur adalah warga masyarakat yang notabene merupakan kelompok kader PKK maupun Karang Taruna Desa Sumberejo", ungkapnya.

Perlu diketahui, terdapat 2 jenis profit yang dilakukan BUMDes Sumber Makmur. Pertama, profit kerja sama dan kedua yakni profit sewa tempat dengan para pelaku usaha.

Lebih lanjut Karen mengungkapkan, BUMDes yang berkonsep millenial ini, mempunyai banyak fasilitas-fasilitas yang tidak kalah dengan cafe-cafe yang banyak dihuni oleh para kawula muda.


Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor ketika melihat produk olahan yang dijual di BUMDes Sumber Makmur. (Foto : ist).
 
Untuk fasilitas BUMDes, disebutkan, tersedianya Musholla, tongkrongan ditengah taman, spot foto, hingga tempat untuk acara hajatan.

"Dengan berjalannya waktu, kemungkinan besar fasilitas-fasilitas itu akan bertambah banyak, tujuannya untuk membuat nyaman pengunjung. Nanti bertahaplah mas", ungkap dia.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut