get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Desa Tempel Sidoarjo Sukses Tekan Angka Sunting

Senin, 16 Oktober 2023 | 17:59 WIB
header img
Ainul Yaqin, Kepala Desa Tempel, Kecamatan Krian, Sidoarjo. (Foto : Ulum Fajar S/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Pemerintah Desa Tempel, Kecamatan Krian, Sidoarjo berinovasi dalam mengoptimalkan pencegahan stunting di wilayahnya, kepada balita di usia 0-2 tahun dan warga ibu hamil.

Berdasarkan data pada bulan Agustus 2023, total sebanyak 192 ibu hamil dan balita 208 dilakukan penanganan secara normal dan telah di cover pihak pemerintah.

Namun demikian, dari total 208 dari balita terdapat 36 terkena stunting dan mereka akan dilakukan pencegahan agar mereka bertubuh secara normal.

Selain itu, angka penurunan stunting cukup terbilang stabil dalam penanganan dalam pencegahan stunting kepada mereka.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting. Sehingga bisa menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas di masa yang akan datang.

Ainul Yaqin, Kepala Desa Tempel mengatakan stunting merupakan suatu gejala yang harus dicegah bersama, terhadap ibu hamil bahkan pada perkembangan balita.

"Stunting ini dapat menghambat prestasi dan kualitas pada anak, dan pertumbuhan ekonomi warga. selain itu, program pencegahan stunting ditargetkan pada ibu hamil dan anak-anak usia 0-2 tahun,"ujar dia, Senin (16/10/2023).

Sebelumnya, Rumah Desa Sehat (RDS) telah diresmikan dan dibentuk serta sebagai sarana pusat informasi pelayanan sosial khususnya tentang kesehatan ruang literasi.

"RDS ini sebagai tempat komunikasi, informasi dan edukasi tentang kesehatan buat warga, selain itu soal Stunting bisa diarahkan disitu untuk diberikan arahan untuk pencegahan stunting tersebut," terangnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut