get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Geger, Puluhan Batu Nisan Makam Umum di Desa Sambungrejo Sidoarjo Dirusak

Selasa, 29 Agustus 2023 | 21:27 WIB
header img
Batu nisan makam yang dirusak dibuang di bawah pepohonan pisang. (Foto : Amrizal Zulkarnain/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Puluhan batu nisan di tempat pemakam umum (TPU) di Dusun Besuk, Desa Sambungrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo dirusak.

Pengerusakan batu nisan keramik berbentuk kotak bertuliskan nama ahli kubur berserta tanggal lahir dan meninggalnya itu membuat geger warga setempat.

Sementara batu nisan yang hanya tertancap tidak ada satupun yang rusak. Belum diketahui siapa pelaku pengerusakan tersebut.

Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa pengerusakan batu nisan tersebut dilakukan pada Minggu (27/8/2023) malam.

"Kami menduga kejadiannya saat itu bersamaan dengan kegiatan tujuh belas agustus di lingkungan setempat," ujar Mbah Mad, juru kunci makam tersebut saat ditemui di lokasi, Selasa (29/8/2023).

Mbah Mad menduga, pengerusakan batu nisan itu disengaja dan dilakukan oleh orang yang waras. Sebab, menurut dia, jika itu dilakukan orang gila tidak mungkin dirusak semua lalu dibuang ke lain tempat.

"Hampir semua batu nisan kotak dan dicor yang diambil kemudian dibuang di kebun pisang," terang Pria yang berusia 85 tahun itu.


Kondisi makam di Dusun Besuk, Desa Sambungrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo usai sejumlah batu nisan kramik dirusak. (Foto : iNewsSidoarjo.id).
 
Terpisah, Kepala Dusun setempat Susi Ekowati, membenarkan kejadian pengerusakan batu nisan makam yang berada di wilayahnya tersebut.

"Iya mas, kejadian itu diketahui pada Minggu malam (27/8/2023)," ungkap Susi, ditemui dikediamannya.

Menurut dia, saat ini memang masih belum ada aturan yang tetap dari desa terkait kebijakan membatasi makam dengan menggunakan batu nisan keramik atau pengijingan.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut