get app
inews
Aa Read Next : Tolak Keras Keberadaan Israel pada 1958, Bung Karno : Bentuk Solidaritas pada Palestina

Minta Restu sebelum Proklamasi Kemerdekaan, Bung Karno Ziarah ke Makam Raja Jayabaya

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:54 WIB
header img
Bung Karno pernah secara khusus mengunjungi Kediri untuk berziarah ke petilasan Raja Jayabaya. (Foto: ist)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Presiden Soekarno pernah secara khusus mengunjungi Kediri untuk berziarah ke petilasan Raja Jayabaya.

Bukan hanya sekali, tapi hingga tiga kali. Konon, Bung Karno mengunjungi tempat keramat itu dalam rangka Ngalab Berkah sebelum Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

“Sebelum memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, presiden pertama negara baru itu, Soekarno, dikabarkan berziarah tiga kali ke Pamuksan Sri Aji Jayabaya,” kata George Quinn dalam buku "Wali Berandal Tanah Jawa", dilansir dari iNews.id pada Rabu (16/8/2023).

Menurut saksi mata saat itu, kunjungan terakhir Soekarno dilakukan hanya beberapa hari sebelum proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dikumandangkan.

“Aku datang ke sini untuk minta restu Raja Jayabaya,” demikian Soekarno menjelaskan kepada rombongannya. “Aku ingin kalian semua membantuku,” ujarnya.

Di situs Pamuksan Jayabaya, Bung Karno berdiam diri selama tujuh menit. Sebelum beranjak, founding father bangsa Indonesia itu kemudian berkata: ”Sudah direstui. Sekarang kita bisa pergi,” demikian dikutip dari "Wali Berandal Tanah Jawa". Pamuksan Sri Aji Jayabaya atau Joyoboyo di Desa Mamenang atau Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri diyakini sebagian orang sebagai tempat keramat.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut