get app
inews
Aa Read Next : Siswa SMA Al Muslim Jawa Timur Jelajahi Sejarah dan Budaya Islam di Bulan Ramadan

Ada Coretan di Teks Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Apa Alasannya?

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 12:32 WIB
header img
lustrasi (Foto:Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Ternyata ini alasan kenapa ada coretan di teks asli proklamasi kemerdekaan Indonesia menarik diulas. Pasalnya dalam membuat naskah proklamasi ternyata ditulis tangan oleh Soekarno pada selembar kertas.

Selama proses penulisan, Soekarno memikirkan betul pemilah kata demi kata. Setiap kata yang dipilih memiliki makna yang sangat dalam bagi Kemerdekaan Indonesia dari jajahan Jepang dan sekutu.

Dikutip dari okzone.com, Sabtu (5/8/2023) melalui berbagai sumber, ternyata ini alasan kenapa ada coretan di teks asli proklamasi kemerdekaan Indonesia agar tidak menimbulkan pertentangan.

Setiap kata dalam teks proklamasi menggambarkan jeritan hati rakyat Indonesia yang mengharapkan kemerdekaan lahir dan batin. Terdapat dua coretan pada bagian sebelah kanan teks asli proklamasi.

Soekarno mencoret dua kata tersebut dan menggantinya dengan kata yang lebih tepat seperti kata “penyerahan” dicoret diganti dengan kata “pengambilan” dan mencoretnya lagi mengganti menjadi “pemindahan”. Coretan juga terlihat pada kata “dioesahakan” yang dicoret dan diganti dengan kita “diselenggarakan”.

Setelah itu, teks proklamasi tulisan tangan Soekarno diketik oleh Sayuti Melik dan disaksikan oleh BM Diah di rumah Laksamana Tadashi Maeda.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut