get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Toleransi, Puluhan Siswa di Sidoarjo Jadi Agen Perubahan

Siswa SMA Al Muslim Jawa Timur Jelajahi Sejarah dan Budaya Islam di Bulan Ramadan

Sabtu, 06 April 2024 | 01:55 WIB
header img
SMA Al Muslim Jawa Timur memanfaatkan momen bulan Ramadan 1445 Hijriah dengan menggelar Safari Ramadan. (Foto:ist)

SIDOARJO, iNews.id – SMA Al Muslim Jawa Timur memanfaatkan momen bulan Ramadan 1445 Hijriah dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya adalah Safari Ramadan. Kegiatan ini mengajak para siswa untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan memiliki tradisi unik selama bulan Ramadan.

Sebanyak 4 kelompok, masing-masing terdiri dari 4 siswa perwakilan kelas X dan XI, menjelajahi berbagai tempat menarik. Diantaranya Masjid Rahmat Kembang Kuning Surabaya, Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari Jombang, Kampung Ramadan Alun-Alun Sidoarjo, dan Masjid Agung Al-Anwar Pasuruan.

Para siswa tidak hanya berwisata, tetapi juga belajar dan mengeksplorasi keunikan setiap tempat. Di Masjid Rahmat Kembang Kuning, mereka mempelajari sejarah masjid tertua di Surabaya. Di Museum Islam Indonesia K.H. Hasyim Asy’ari, mereka melihat berbagai benda bersejarah peninggalan Islam.

Di Kampung Ramadan Alun-Alun Sidoarjo, mereka merasakan kemeriahan tradisi Ramadan dan mencicipi berbagai takjil khas. Dan di Masjid Agung Al-Anwar Pasuruan, mereka terkagum-kagum dengan replika Payung Madinah yang menjadi ikon kota Pasuruan.

Kegiatan Safari Ramadan ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi para siswa, tetapi juga untuk meningkatkan pengetahuan tentang sejarah dan budaya Islam.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut