get app
inews
Aa Read Next : Siswa SMA Al Muslim Jawa Timur Jelajahi Sejarah dan Budaya Islam di Bulan Ramadan

Museum Nasional Kebakaran, Nadiem Makarim Kerahkan Tim Investigasi Usut Tuntas Penyebabnya

Minggu, 17 September 2023 | 12:10 WIB
header img
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengerahkan tim investigasi untuk mengusut penyebab kebakaran Museum Nasional pada Sabtu (16/9/2023). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, membentuk tim investigasi dan pendataan terkait kebakaran Gedung A Museum Nasional Indonesia, Sabtu (16/9) malam.

Tim itu dikerahkan untuk mengusut penyebab kebakaran serta mendata koleksi artefak dan benda bersejarah yang terdampak peristiwa tersebut.

“Kemendikbudristek akan bekerja sama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa penyelidikan berjalan dengan transparan," ujar Nadiem.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu. Saat ini, prioritas utama yaitu menyelamatkan artefak dan benda bersejarah dalam museum tersebut.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum,” kata Nadiem.

Dilansir dari iNews.id pada Minggu (17/9/2023) sebagaimana diberitakan, kebakaran terjadi di Gedung A Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat terjadi pada Sabtu (16/9) malam sekitar Pukul 20.00 WIB.

Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, menyebutkan pihaknya mengerahkan 14 unit mobil damkar dan 56 personel untuk memadamkan api.

Api yang sempat membubung tinggi dari bagian belakang bangunan dapat dilokalisasi pukul 20.40 WIB. Petugas pemadam mulai melakukan pendinginan Pukul 21.37 WIB.

Sekitar pukul 00.15 WIB, api yang membakar Museum Nasional berhasil dipadamkan.

"Bangunan yang terbakar yakni museum Gajah Gedung A yang merupakan ruang pameran koleksi museum.Jenis Bangunan Menengah (BM) dengan luas area terdampak kebakaran kurang lebih 600 meter persegi. Waktu selesai operasi pemadaman Pukul 00.15 WIB," ujar Satriadi. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut