get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

5 Fakta Yevgeny Prigozhin! Mantan Perampok Kini Jadi Komandan Tentara Bayaran

Senin, 26 Juni 2023 | 14:28 WIB
header img
Komandan Wagner, Yevgeny Prigozhin pernah jadi perampok sebelum memimpin kelompok tentara bayaran. FOTO/Reuters

Tak lama kemudian, Prigozhin mulai memenangkan kontrak untuk melayani acara-acara besar pemerintah melalui Concord, sebuah perusahaan induk yang dia dirikan pada tahun 1990-an. Langkah selanjutnya adalah kontrak pasokan pemerintah raksasa.

Pada 2012, ia memenangkan lebih dari 10,5 miliar rubel (£200 juta) kontrak untuk menyediakan makanan ke sekolah-sekolah Moskow, lapor media Rusia, mengutip catatan dari catatan keuangan Rusia. Baca Juga Bos Tentara Bayaran Rusia Kobarkan Kudeta Militer, Ini Respons AS 5.

Jadi komandan tentara bayaran Rusia Pada puncak invasi rahasia pertama Rusia ke Ukraina timur, pada musim panas 2014, sekelompok pejabat senior Rusia berkumpul di markas besar kementerian pertahanan, sebuah bangunan era Stalin yang megah di tepi Sungai Moskva.

Mereka ada di sana untuk bertemu dengan Yevgeny Prigozhin, seorang pria paruh baya dengan kepala gundul dan nada kasar yang hanya diketahui banyak orang di ruangan itu sebagai orang yang bertanggung jawab atas kontrak katering tentara.

Banyak orang di kementerian tidak menyukai sikap Prigozhin, tetapi dia menjelaskan bahwa ini bukanlah permintaan biasa. “Perintah datang dari Papa,” katanya kepada para pejabat pertahanan, menggunakan nama panggilan untuk Vladimir Putin yang dirancang untuk menekankan kedekatannya dengan presiden.

Pasukan Wagner pimpinan Prigozhin jadi andalan ketika Rusia memutuskan untuk menginvasi Ukraina. Namun belakangan, Wagner justru melakukan pemberontakan pada Moskow yang membuat Putin marah. . iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut