get app
inews
Aa Read Next : Sosok Tribhuwana Wijayatunggadewi Naik Takhta Jadi Raja Majapahit, Siapa Dia?

Kisah Hubungan Kaisar China dengan Majapahit Diwarnai Politik Adu Domba

Senin, 19 Juni 2023 | 06:51 WIB
header img
Laksamana Cheng Ho, utusan Kaisar China yang kerap dikirim ke Kerajaan Majapahit. (Foto: Ist)

Rupanya kiriman stempel perak berlapis emas itu membangkitkan niat Raja Kerajaan Timur, dalam hal ini pecahan Kerajaan Majapahit bagian timur untuk juga mengirim utusan ke negeri China dengan membawa upeti. Namun maksud utama pengiriman utusan itu ialah untuk meminta stempel sebagai tanda pengakuan resmi dari Kekaisaran China.

Permintaan itu pun dikabulkan. Pemberian stempel itu membuktikan bahwa Kaisar Yung Lo memperlakukan Kerajaan Timur sejajar dengan Kerajaan Barat. Hal ini merupakan pengakuan resmi Kaisar China kepada Kerajaan Timur lepas dari kekuasaan Kerajaan Barat.

Tentu saja hal ini membangkitkan rasa tidak suka Kerajaan Barat. Tidak mengherankan kalau kemudian timbul ketegangan antara Kerajaan Barat dan Kerajaan Timur.

Sejarah Dinasti Ming menyatakan bahwa raja Kerajaan Timur itu bernama Put-ling-ta-ha. Nama itu diduga transliterasi China dari gelar asli Bhre (ng) Daha, suatu bukti bahwa Bhre Wirabhumi benar bergelar Bhre Daha sejak tahun 1371 sepeninggal Bhre Daha Dyah Wiyat Sri Rajadewi.

Apa yang dilakukan oleh Kaisar Yung Lo terhadap Kerajaan Timur sama tepat dengan apa yang dilakukan Kaisar Hung Wu terhadap Suwarnabhumi pada tahun 1376. Tindakan itu merugikan kesatuan Majapahit karena telah memecah-belah kesatuan negara Majapahit.

Bagi Majapahit, hubungan dengan China lebih banyak merugikan daripada menguntungkan.iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut