get app
inews
Aa Read Next : Anggota Komisi III DPR RI Ini Minta Kades Dampingi hingga Singgung Dugaan Korupsi Perumda Delta

Hanya Gegara Ini, Suami di Sidoarjo Tega Pidanakan Istrinya

Senin, 10 April 2023 | 23:26 WIB
header img
R. Deddy Setiawan A.Md., suami terdakwa ketika disumpah bersama pembantu dan ibu angkatnya ketika menjadi saksi istrinya sendiri dalam kasus KDRT di PN Sidoarjo. (Foto : Nanang Ichwan/iNews Sidoarjo).

Sementara, perkara KDRT dengan terdakwa Umi Masruroh itu sebelum dilimpahkan ke PN Sidoarjo sudah diupayakan semaksimal mungkin perdamainan oleh Jaksa Kejari Sidoarjo melalui upaya Restorative Justice (RJ).

"Sudah kami upayakan RJ," ucap Kasi Pidum Kejari Sidoarjo Hafidi ketika dikonfirmasi.

Hafidi mengungkapkan, upaya RJ itu dilakukan saat tersangka dan barang bukti diserahkan ke jaksa penuntut umum. Jaksa, lanjut dia, sudah berupaya menghadirkan korban, terdakwa, keluarga keduanya dan tokoh masyarakat.

"Tapi upaya RJ itu ditolak oleh korban yaitu suami terdakwa karena banyak pertimbangan dan meminta perkara tersebut untuk dilanjutkan ke persidangan," jelas mantan Kasi Pidum Kejari Samarinda itu.

Meski demikian, Umi Masruroh, terdakwa perkara KDRT yang dipidanakan suaminya itu saat ini dakwa dakwaan primer sebagaimana diatur dalam pasal 44 ayat 1 Undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang Pegahapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Dan atau didakwa dakwaan subsider sebagaimana diatur dalam pasal 44 ayat 4 Undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang Pegahapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Sementara pada agenda sidang pekan depan akan meneriksa saksi meringankan dari terdakwa.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut