5 Kopi Termahal di Dunia, Salah Satunya dari Kotoran Gajah

Ikhsan Permana SP
.
Minggu, 13 November 2022 | 09:09 WIB
5 kopi termahal di dunia ( foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Kopi menjadi salah satu minuman yang sangat banyak dikonsumsi di dunia. Dari beragam jenis kopi yang tersebar di dunia, terdapat beberapa Kopi termahal biasanya ditanam di dataran tinggi di tanah vulkanik yang kaya mineral untuk mencapai kesempurnaan kopi.

Tapi untuk beberapa kopi seperti Kopi Luwak yang berasal dari kotoran Luwak, menggunakan pendekatan yang lebih konvensional dalam mencapai kualitas yang baik.

Bagaimana pun proses yang dilakukan, setiap kopi menghadirkan sesuatu yang istimewa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 kopi termahal di dunia dengan harga mencapai jutaan rupiah per ponnya:

5. Hacienda Esmeralda Geisha Negara:

Panama Harga: 350 dolar AS atau Rp5,4 juta per pon (453 gram) Hacienda Esmeralda adalah perkebunan kopi di Panama yang menghasilkan biji spesial bernama Geisha.

Rekor untuk 1 pon biji kopi Geisha di pelelangan sebesar 1.029 dolar AS. Hacienda Esmeralda menemukan kopi Geisha secara tidak sengaja. Keluarga tersebut membeli benih yang tidak dikenal di pasar, setelah mendengar benih itu bisa menghasilkan tanaman kopi yang tahan penyakit.

Bijinya, yang berasal dari Ethiopia, menghasilkan kopi bunga yang tidak biasa.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini