Logo Network
Network

Lebih Penting Mana Belajar Rem Atau Gas Dulu, Bagi Pengendara Pemula

Ary Wahyu Wibowo
.
Kamis, 29 September 2022 | 10:24 WIB
Lebih Penting Mana Belajar Rem Atau Gas Dulu, Bagi Pengendara Pemula
Ilustrasi – Pengereman sepeda motor. Foto: Ist.

Ini terjadi akibat adanya gaya inersia, itulah penyebab rem depan perlu gaya pengereman lebih besar. Gunakan pengereman roda belakang jika hanya membutuhkan menurunkan laju kendaraan dari kecepatan 40 km per jam ke 20 km per jam.

Contohnya, jika membutuhkan jarak pengereman yang lebih pendek maka gunakan kombinasi dengan rem depan dengan lebih kuat gaya pengereman dituas rem depan.

Jika sudah berhasil menguasai pengereman tanpa menggunakan daya mesin, selanjutnya disarankan ke tahap berikutnya untuk belajar ngegas dikombinasikan dengan pengereman. Berlatihlah dengan ngegas ringan dan perlahan kemudian diakhiri dengan mengerem sampai berhenti sempurna seperti yang sudah dibahas.

Latihan ini diperlukan agar pemula kenal dengan karakter tenaga yang dikeluarkan mesin dan menguasai cara menghentikan motor dengan terampil.

“Menguasai pengereman lebih dahulu lebih penting dibanding dengan menguasai ngegas, jika mampu menguasai motor tanpa daya mesin, tentunya memudahkan dan lebih cari aman untuk pemula belajar ngegas dan mengendalikan motor,” ucapnya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini