Tips Amankan Data Agar Tak Diretas Hacker, Lakukan 12 Langkah Ini

Dini Listiyani
.
Rabu, 14 September 2022 | 22:09 WIB
Tips Amankan Data Pribadi Supaya Gak Bocor (Foto: Arget/Unsplash).

9. Hanya instal aplikasi dari sumber tepercaya.

10. Jangan gunakan Wi-Fi yang tidak aman, atau jika Anda melakukannya, gunakan Jaringan Pribadi Virtual untuk melindungi diri Anda sendiri.

11. Mencatat dan susunlah layanan terpenting yang terkait dengan akun Anda yang diretas. Ingat semua layanan yang Anda masuki dengan akun ini dan semua layanan yang mengirim email pengaturan ulang kata sandi ke akun tersebut.

12. Instal solusi perlindungan yang andal di semua perangkat Anda. Sangat penting untuk memilih paket yang tidak hanya akan memblokir malware, tetapi juga memperingatkan Anda jika kredensial semua layanan yang Anda gunakan telah bocor.

Perusahaan maupun individu perlu mengambil langkah tersebut demi melindungi data dari serangan siber. Hal ini dilakukan guna mengurangi risiko kerugian besar yang terjadi. Sikap proaktif terhadap keamanan siber juga diperlukan terutama bagi perusahaan besar yang menangani jutaan bahkan miliaran data.

Selain itu, pastikan juga memberdayakan tim keamanan dengan kecerdasan ancaman terbaru serta kemampuan deteksi dan respons yang andal jika terjadi serangan.

Artikel berita ini telah tayang di iNews.id, baca link berita ini :

https://www.inews.id/techno/internet/tips-amankan-data-pribadi-supaya-gak-bocor/all

Editor : Nanang Ichwan
Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini