Logo Network
Network

Tips Amankan Data Agar Tak Diretas Hacker, Lakukan 12 Langkah Ini

Dini Listiyani
.
Rabu, 14 September 2022 | 22:09 WIB
Tips Amankan Data Agar Tak Diretas Hacker, Lakukan 12 Langkah Ini
Tips Amankan Data Pribadi Supaya Gak Bocor (Foto: Arget/Unsplash).

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Kejahatan siber saat ini sedang ramai diperbincangkan. Bahkan, menjadi isu yang sedang diperpincangkan. Salah satunya, aksi yang dilakukan hacker mengatasnamakan dirinya bernama Bjorka.

Lalu bagaimanakah agar data pengguna aman agar tak diretas hacker. Perusahaan keamanan siber asal Rusia, Kaspersky menyarankan tips dasar namun sangat penting untuk mengamankan data dan keuangan online.

Berikut 12 langkah yang bisa dilakukan :

1. Luangkan waktu untuk mengonfigurasi perangkat seluler dengan benar. Periksa pengaturan permisif untuk WhatsApp dan aplikasi seluler lainnya.

2. Anda tidak ingin ponsel Anda secara otomatis mempublikasikan setiap aspek kehidupan sehari-hari secara online, dan ini akan membantu membatasi jumlah informasi yang tersedia bagi peretas yang telah menyusup ke akun WhatsApp Anda.

3. Jangan pernah membagikan kode verifikasi apa pun dengan siapa pun, melalui SMS atau telepon. Kode-kode ini adalah cara utama layanan untuk memverifikasi bahwa Anda adalah diri Anda sendiri

4. Aktifkan otentikasi dua faktor jika memungkinkan. Bahkan jika Anda kehilangan akses ke akun email Anda, setidaknya itu akan melindungi akun yang lain dari pencurian

5. Pastikan Anda memiliki kunci layar dan menginstal perangkat lunak yang dapat menghapus ponsel Anda jika hilang

6. Gunakan nomor telepon terpisah untuk masuk ke Whatsapp, Telegram, atau layanan messenger apa pun yang memerlukan nomor telepon. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan nomor satu kali atau orang lain dapat mengakses akun Anda

7. Jangan terjerumus pada phishing, meskipun itu adalah phishing yang ditargetkan. Jika Anda menerima tautan dari sumber yang tidak dikenal, jangan mengkliknya secara otomatis. Selalu berpikir sebelum Anda mengklik atau lebih baik, jangan mengklik sama sekali.

8. Selalu perbarui perangkat Anda tepat waktu dan beri perhatian khusus pada pembaruan keamanan.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini