Resmikan Gedung Serbaguna Tambak Oso Sidoarjo, Wabup Subandi Titip Pesan Ini

Ichwan
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 22:16 WIB
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi ketika memotong pita, tanda simbolis peresmian gedung serbaguna Desa Tambakoso, Kecamatan Waru. (Ft : istimewa).

SIDOARJO, iNews.id - Desa Tambak Oso, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo punya gedung serba guna dua lantai. Anggaran gedung tersebut berasal dari anggaran Bantuan Keuangan (BK) Pemkab Sidoarjo.

Gedung dengan lebar 11 meter dan panjang 20 meter tersebut akhirnya diresmikan Wakil Bupati Sidoarjo Subandi, Kamis (25/8/2022). Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

“Terimakasih Pak Wakil bupati dan anggota DPRD Sidoarjo atas perhatiannya, semoga bangunan ini bermanfaat bagi masyarakat kita," ucap M Fauzin, Kades Tambak Oso.

Sementara, Wabup Sidoarjo Subandi meminta para Kades tidak pasif dalam membangun wilayahnya dan komunikasi secara intensif harus dilakukan dengan jajaran pemerintah setempat. Tujuannya, agar pembangunan desa sesuai dengan RPJMD Kabupaten.

“Jadi jangan harap kalau ada Kades kemudian pasif, tidak berkoordinasi dengan kecamatan, tidak mendukung program pemerintah atau tidak linier antara program yang ada di desa, di kecamatan, di kabupaten, di provinsi dan pusat maka pasti akan mubazir,” ucapnya.

Menurut dia, kordinasi dan komunikasi ialah hal penting bagi keberlanjutan program pembangunan. Dengan komunikasi yang intensif, permasalahan anggaran bagi pembangunan dapat diselesaikan. Seperti yang dilakukan Kades Tambak Oso kali ini yang dapat membangun gedung serba guna dari anggaran BK (Bantuan Keuangan) anggota DPRD Sidoarjo.

“Kuncinya satu, komunikasi, anggaran BK yang sudah masuk ke desa bisa dibuat apa saja bisa karena sudah menjadi kewenangannya desa,” ungkapnya ketika didampingi Camat Waru Rudi Setiawan.

Wabup melanjutkan bahwa penyelenggaraan pemerintah desa didasarkan atas keanekaragaman, partisipasi, demokratisasi, otonomi asli dan pemberdayaan.

“Dari kelima unsur tadi hari ini sudah ditunjukkan oleh seluruh masyarakat Desa Tambak Oso yakni partisipasi dan pemberdayaan sehingga dapat mewujudkan gedung serbaguna yang representatif sebagai pusat pelayanan masyarakat sebagai salah satu upaya mewujudkan desa yang maju mandiri sejahtera lahir bathin,” katanya.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini