Logo Network
Network

Benda Apa Ini yang Ditemukan di Area Situs Kuno Istana Majapahit

Nabila Eka Putri
.
Kamis, 11 Agustus 2022 | 22:35 WIB
Benda Apa Ini yang Ditemukan di Area Situs Kuno Istana Majapahit
Beras hitam ditemukan di situs kuno Majapahit (Foto: YouTube Asli Mojokerto).

JAKARTA, iNews.id - Keberadaan peninggalan sejarah kuno dari kerjaan di Nusantara hingga saat ini masih bermunculan. Terbaru, ditemukan beras hitam di area situs kuno Kerajaan Majapahit. Selain itu, tersimpan utuh di dalam gentong tertanam di dalam tanah.

Lantas, seperti apa penampakan beras hitam di area situs kuno tersebut? Berikut ulasannya dirangkum melalui Channel YouTube Asli Mojokerto, dikutip pada Kamis (11/8/2022).

Dalam penelusuran tersebut, sejumlah warga menemukan beras berwarna hitam di komplek Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo. Beras tersebut terpendam di kedalaman 1,5 meter.

Beras hitam ini diduga sebagai peninggalan kuno Istana Kerajaan Majapahit. Menurut, Juru Pelihara (jupel) Situs Kumitir Abdul Kholiq mengatakan, temuan beras ini diketahui pertama kali oleh warga, yaitu Kojin.

Dia seorang perajin batu bata. Adapun lokasi penemuan beras berwarna hitam ini berada sekitar 50 meter di sisi timur talud Situs Kumitir. Beras hitam ini terpendam 1,5 meter di bawah tanah tanpa media penutup. Saat ditemukan, beras hitam ini jumlahnya ditaksir sampai 5 kg.

Konon, beras hitam ini berjenis Sukonande, yang dipercaya sebagai makanan petinggi atau raja-raja pada saat itu. “Kabarnya beras ini makanan para raja pada waktu itu. Warna yang relatif hitam ini tidak mudah basi," kata Jupel Situs Kumitir Abdul Kholiq.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.